Noorsita, Jessica (2017) Presentasi Lesbian Gay Biseksual Transgender (Lgbt) Dalam Akun Facebook Perkumpulan Arus Pelangi. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Kelompok LGBT sebagai salah satu bagian dari kelompok subkultur seringkali mendapat kekerasan dan ketidakadilan dari masyarakat dominan, sehingga mereka menggunakan media sosial sebagai media alternatif untuk menyuarakan suara mereka. Media alternatif digunakan karena kelompok LGBT sebagai kelompok subkultur tidak bisa masuk menggunakan media dominan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi penggunaan Facebook sebagai media alternatif yang digunakan oleh kelompok LGBT Arus Pelangi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori pengembangan diri yang dikemukakan oleh Erving Goffman. Penelitian ini berjenis kualitatif dan bersifat deskriptif. Metode penelitian yang peneliti gunakan adalah metode studi kasus yang dikemukakan oleh Robert K. Yin. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan Facebook sebagai media alternatif kelompok LGBT Arus Pelangi sungguh efektif untuk menyuarakan suara mereka karena Facebook mempunyai jangkauan yang luas serta dapat berdampak secara internal maupun eksternal, sehingga tujuan-tujuan dari Kelompok LGBT Arus Pelangi untuk mengedukasi masyarakat dapat tercapai.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | kelompok subkultur, LGBT, media alternatif, media sosial, facebook |
Subjects: | 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 006 Special Computer Methods > 006.7 Multimedia Systems, Blogs, Social Media, Web Application Frameworks 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 305 Groups of People (Incl. social identity, Discrimination, Gender Equality, Social Status) > 305.3 Gender Groups |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 28 Feb 2019 09:12 |
Last Modified: | 05 Aug 2022 07:20 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/5298 |
Actions (login required)
View Item |