UMN Knowledge Center

Strategi Kampanye Pilkada DKI 2017 Sandiaga Uno Di Media Sosial (Studi Kasus: Pemanfaatan Kanal Komunikasi Politik Sandiaga Uno Di Instagram)

Putri, Nadia Sumana (2017) Strategi Kampanye Pilkada DKI 2017 Sandiaga Uno Di Media Sosial (Studi Kasus: Pemanfaatan Kanal Komunikasi Politik Sandiaga Uno Di Instagram). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
Text
HALAMAN AWAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (947kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (783kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (910kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Media sosial merupakan kanal komunikasi yang kini digunakan oleh politisi untuk menjangkau target audiens yang dimiliki. Melalui media sosial politisi dapat menciptakan panggung untuk menyampaikan pesan politik. Pada periode kampanye berlangsung, politisi memilih untuk mensosialisaikan diri dan program kerjanya melalui media sosial yang telah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat. Salah satu politisi yang aktif menggunaakan media sosial untuk kampanye adalah Sandiaga Uno dengan menggunakan Instagram sebagai kanal komunikasi politik untuk membidik kaum millennial. Judul skripsi ini adalah “Strategi Kampanye Pilkada DKI 2017 Sandiaga Uno di Media Sosial (Studi Kasus: Pemanfaatan Kanal Komunikasi Politik Sandiaga Uno di Instagram)”. Tujuannya untuk mengetahui cara kampanye Sandiaga Uno di media sosial Instagram selama masa Kampanye Pilkada DKI 2017 dan pengelolaan kesan Sandiaga dalam menyampaikan pesan-pesan politik di media sosial Instagram. Model penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif deskriptif dengan menggunakan wawancara dan observasi untuk memperoleh data. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa Sandiaga terbukti melakukan manajemen impresi dengan memainkan peran saat berada di panggung depan, yaitu pengelolaan konten yang ada di Instagram miliknya. Melalui kemeja putih yang digunakan, Sandiaga berusaha untuk membuat kesan pemimpin yang bersih dan sederhana. Perbedaan yang dimiliki oleh Sandiaga pada panggung belakang hanya berupa gaya bahasa yang lebih informal serta pakaian yang lebih bervariasi. Oleh karena peran yang dimainkan tersebut, followers Sandiaga menerima manajemen impresi tersebut secara positif sehingga penilaian yang diberikan termasuk ke dalam Lattitude of Acceptance dan menimbulkan efek asimilasi..

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Uncontrolled Keywords: media sosial, kampanye politik, dramaturgi, dan komunikasi politik
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30 Strategic Communication > HD30.5 Media Marketing
J Political Science > JF Political institutions (General) > JF1338-2112 Public administration > JF2011-2112 Political parties
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4050-4775 Information in specific formats or media
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 01 Mar 2019 09:28
Last Modified: 01 Mar 2019 09:28
URI: http://kc.umn.ac.id/id/eprint/5325

Actions (login required)

View Item View Item