Tania, Cheryl Imelda (2017) Perancangan Kampanye Sosial Bahaya Penyakit Mata Katarak. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Mata merupakan organ tubuh yang memiliki fungsi sangat penting karena merupakan satu-satunya organ penglihatan. Salah satu penyakit mata yang sering ditemukan sehingga mengganggu penglihatan adalah katarak. Katarak dapat terjadi pada setiap usia, yaitu bayi, usia muda dan lansia. Pada umumnya katarak terjadi kepada masyarakat usia 50 tahun ke atas karena faktor usia, yang disebut sebagai katarak senilis. Banyak masyarakat usia tua tidak sadar mereka terkena katarak karena tidak menganggu aktivitas. Jika tidak segera ditangani, katarak dapat mengganggu penglihatan bahkan mengakibatkan kebutaan, hal tersebut meningkatkan jumlah penderita kebutaan oleh katarak di Indonesia setiap tahun. Terdapat beberapa faktor terjadinya katarak yang dapat dicegah sejak usia dini. Data perancangan dilakukan melalui wawancara, observasi dan studi pustaka. Dari permasalahan tersebut dibutuhkan sesuatu yang dapat menyadarkan masyarakat akan penyakit mata katarak, sehingga dapat mengurangi penderita katarak dan kebutaan di Indonesia yaitu dalam bentuk kampanye sosial. Untuk menunjang penyampaian pesan pada kampanye, digunakan beberapa media visual. Media utama yang digunakan adalah poster, dengan media sekunder website, media sosial, brosur, x-banner dan merchandise.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | mata, penyakit mata, katarak, penglihatan, kampanye sosial |
Subjects: | N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration > NC200 Graphic Design N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration > NC950 Illustration |
Divisions: | Fakultas Seni dan Desain > Program Studi Desain Komunikasi Visual |
Depositing User: | mr admin umn |
Date Deposited: | 23 Apr 2019 09:01 |
Last Modified: | 23 Apr 2019 09:01 |
URI: | http://kc.umn.ac.id/id/eprint/5557 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |