Amalia, Imelda (2018) Strategi image repair pt. Telekomunikasi indonesia (persero) tbk dalam merespon krisis gangguan satelit telkom 1 (studi kasus analisis isi berita gangguan satelit telkom 1). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Krisis merupakan sebuah ancaman dan hal penting yang harus diperhatikan oleh sebuah perusahaan. Krisis merupakan kejadian di mana perusahaan menjadi pembicaraan publik secara massive karena masyarakat yang ikut terdampak masalah. Maka daripada itu perusahaan harus degan cepat merespon krisis dan dengan strategi yang tepat agar keadaan kembali kekeadaan sebelum krisis. Telkom mendapat pemberitaan secara massive mengenai krisis gangguan satelit Telkom 1. Kasus ini berdampak pada masyarakat luas seperti masyarakat tidak dapat menggunakan mesin ATM dan tidak dapat menonton televisi shingga kasus ini dapat pemberitaan luas di media massa khususnya media online yang dapat di lihat dari media montoring Telkom, media online banyak mempublikasi berita mengenai gangguan satelit Telkom 1. Penelitian ini menggunakan metode penelitian analisis isi kuantitatif deskriptif. Peneliti menganalisis isi ke 139 berita mengenai gangguan satelit Telkom 1 di media online yang telah dimonitoring oleh Telkom dengan Telkom sebagai narasumber. Peneliti kemudian mendeskripsikan secara detail dan dimasukkan ke dalam kategori Image Repair strategies. Unit analisis pada penelitian ini yaitu berita dan untuk menguji reliabiitas menggunakan rumus Holsti. Hasil temuan menunjukkan Telkom yang mengalami krisis melakukan respon menggunakan strategi Image Repair. Telkom lebih dominan menggunakan strategi corrective action selain itu juga menggunakan strategi bolstering, transcendence, accidents, simple denial, mortification, defeasibility, dan differentiation.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Krisis, Komunikasi Krisis, Image Repair Strategies, berita, Media online. |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30 Strategic Communication H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management > HD59-59.9 Marketing and Publicity T Technology > T Technology (General) > T10.5-11.9 Communication of technical information |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | mr admin umn |
Date Deposited: | 13 Jun 2019 07:30 |
Last Modified: | 13 Jun 2019 07:30 |
URI: | http://kc.umn.ac.id/id/eprint/5917 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |