UMN Knowledge Center

Strategi komunikasi corporate communication kompas gramedia dalam pelaksanaan community volunteering csr “kg english club”

Laksono, Vania (2018) Strategi komunikasi corporate communication kompas gramedia dalam pelaksanaan community volunteering csr “kg english club”. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
Text
Skripsi.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Dari banyak model CSR, Community Volunteering memiliki pendekatan yang berbeda karena perlunya keterlibatkan aktif dari stakeholders. Oleh karena itu strategi komunikasi CSR yang dilakukan tentu berbeda, baik pada stakeholder internal maupun eksternal. Kompas Gramedia merupakan salah satu perusahaan yang saat ini sedang mengaplikasikan kegiatan Community Volunteering CSR dengan mengajak serta melibatkan karyawan untuk memperhatikan isu rendahnya kecakapan bahasa Inggris masyarakat sekitar. Hal ini dilakukan melalui kegiatan CSR KG English Club yang kemudian menarik minat peneliti untuk mengkaji bagaimana strategi komunikasi CSR yang dirumuskan dan dilakukan oleh Corporate Communication Kompas Gramedia dalam CSR tersebut. Penelitan kualitatif ini menggunakan paradigma post-positivistik dengan metode studi kasus. Data-data mengenai strategi komunikasi CSR KG English Club diperoleh melalui wawancara dengan narasumber perusahaan dan praktisi CSR serta studi dokumen yang relevan dengan penelitian ini. Untuk menjaga validitas dan keabsahan data, peneliti menggunakan triangulasi data. Hasil data yang dikumpulkan kemudian dianalisis dengan metode analisis data dari Robert K. Yin. Dari hasil peneltian, peneliti menemukan bahwa dalam perumusan dan pelaksanaan strategi komunikasi CSR program KG English Club, Corporate Communication Kompas Gramedia telah menerapkan empat proses manajemen strategi PR: Defining Problem, Planning and Programming, Action and Communication dan Evaluation. Kegiatan dimulai dengan riset internal dan eksternal untuk menganalisis situasi yang ada. Kemudian pada tahap perencanaan perusahaan mulai memetakan stakeholder yang terlibat, dan merumuskan tujuan komunikasi untuk tiap stakeholder. Untuk mencapai tujuan tersebut, perusahaan menggunakan berbagai desain pesan dan media yang sesuai dengan tiap stakeholder. Setelah dilaksanakan pada periode pertama, evaluasi dilakukan dengan cara melihat berbagai kendala dan pencapaiannya dalam mensukseskan pelaksanana kegiatan CSR ini.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Uncontrolled Keywords: CSR, Community Volunteering, Strategi Komunikasi, Corporate communication, Kompas Gramedia, KG English Club
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30 Strategic Communication
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management > HD60-60.5 Social responsibility of business > HD60.1 C Corporate social responsibility
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87-96 Communication. Mass media > P94.7 Interpersonal communication
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 29 Apr 2019 01:51
Last Modified: 29 Apr 2019 01:51
URI: http://kc.umn.ac.id/id/eprint/6204

Actions (login required)

View Item View Item