Strategi komunikasi corporate communication kompas gramedia dalam pelaksanaan community volunteering csr “kg english club”

Laksono, Vania (2018) Strategi komunikasi corporate communication kompas gramedia dalam pelaksanaan community volunteering csr “kg english club”. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
Skripsi.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Dari banyak model CSR, Community Volunteering memiliki pendekatan yang berbeda karena perlunya keterlibatkan aktif dari stakeholders. Oleh karena itu strategi komunikasi CSR yang dilakukan tentu berbeda, baik pada stakeholder internal maupun eksternal. Kompas Gramedia merupakan salah satu perusahaan yang saat ini sedang mengaplikasikan kegiatan Community Volunteering CSR dengan mengajak serta melibatkan karyawan untuk memperhatikan isu rendahnya kecakapan bahasa Inggris masyarakat sekitar. Hal ini dilakukan melalui kegiatan CSR KG English Club yang kemudian menarik minat peneliti untuk mengkaji bagaimana strategi komunikasi CSR yang dirumuskan dan dilakukan oleh Corporate Communication Kompas Gramedia dalam CSR tersebut. Penelitan kualitatif ini menggunakan paradigma post-positivistik dengan metode studi kasus. Data-data mengenai strategi komunikasi CSR KG English Club diperoleh melalui wawancara dengan narasumber perusahaan dan praktisi CSR serta studi dokumen yang relevan dengan penelitian ini. Untuk menjaga validitas dan keabsahan data, peneliti menggunakan triangulasi data. Hasil data yang dikumpulkan kemudian dianalisis dengan metode analisis data dari Robert K. Yin. Dari hasil peneltian, peneliti menemukan bahwa dalam perumusan dan pelaksanaan strategi komunikasi CSR program KG English Club, Corporate Communication Kompas Gramedia telah menerapkan empat proses manajemen strategi PR: Defining Problem, Planning and Programming, Action and Communication dan Evaluation. Kegiatan dimulai dengan riset internal dan eksternal untuk menganalisis situasi yang ada. Kemudian pada tahap perencanaan perusahaan mulai memetakan stakeholder yang terlibat, dan merumuskan tujuan komunikasi untuk tiap stakeholder. Untuk mencapai tujuan tersebut, perusahaan menggunakan berbagai desain pesan dan media yang sesuai dengan tiap stakeholder. Setelah dilaksanakan pada periode pertama, evaluasi dilakukan dengan cara melihat berbagai kendala dan pencapaiannya dalam mensukseskan pelaksanana kegiatan CSR ini.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: CSR, Community Volunteering, Strategi Komunikasi, Corporate communication, Kompas Gramedia, KG English Club
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology
600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations
600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) > 658.4 Executive Management > 654.408 Social Responsibility Management, CSR
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 29 Apr 2019 01:51
Last Modified: 05 Apr 2023 02:14
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/6204

Actions (login required)

View Item View Item