UMN Knowledge Center

Perancangan Kampanye Sosial dalam Meningkatkan Penggunaan Bahasa Daerah di Indonesia yang Terancam Punah

Sunandar, Cantika Augalegita (2018) Perancangan Kampanye Sosial dalam Meningkatkan Penggunaan Bahasa Daerah di Indonesia yang Terancam Punah. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
Text
halaman awal.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (17MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab i.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (790kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab ii.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab iii.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (13MB) | Preview
[img] Text
bab iv.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (43MB)
[img]
Preview
Text
bab v.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (809kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (805kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lampiran.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (15MB) | Preview

Abstract

Bahasa daerah merupakan salah satu aset bangsa Indonesia. Seiring dengan berkembangnya waktu, jumlah bahasa daerah ini semakin hilang penuturnya karena beberapa faktor, diantaranya bahasa - bahasa yang semakin ditinggalkan oleh penuturnya. Sebagai warga negara Indonesia, di dalam Undang- Undang No. 24 tahun 2009 telah mengamanahkan untuk melestarikan penggunaan bahasa daerah Indonesia. Maka dari itu diperlukan sebuah perancangan kampanye sosial dalam meningkatkan penggunaan bahasa daerah di Indonesia dan mengambil fokus terhadap bahasa yang mengalami status terancam punah. Tujuan dari kampanye ini meningkatkan penggunaan bahasa daerah di Indonesia yang terancam punah. Teknik pengumpulan data pada kampanye ini menggunakan metode kualitatif dengan wawancara, dan dokumentasi. Big idea pada penggambaran visual kampanye yaitu ‘Ironi’ yang menggunakan baliho, ambient media berupa stiker, standee, dan media sosial.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Uncontrolled Keywords: kampanye sosial, bahasa daerah, punah
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management > HD59-59.9 Marketing and Publicity
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management > HD59-59.9 Marketing and Publicity > HD59.8 Campaign
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management > HD65 Marketing Management
Divisions: Fakultas Seni dan Desain > Program Studi Desain Komunikasi Visual
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 11 Jul 2019 02:24
Last Modified: 11 Jul 2019 02:24
URI: http://kc.umn.ac.id/id/eprint/6650

Actions (login required)

View Item View Item