Dampak Digitalisasi terhadap Perusahaan Media Cetak (Studi Kasus terhadap Redaksi dan Tenaga Magang Gadis dan Nova)

Valencia, Josephine (2019) Dampak Digitalisasi terhadap Perusahaan Media Cetak (Studi Kasus terhadap Redaksi dan Tenaga Magang Gadis dan Nova). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (8MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (946kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (970kB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (947kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah melihat bagaimana hadirnya digitalisasi mempengaruhi media-media cetak yang mampu bertahan hingga kini. Penelitian ini akan menganalisa perubahan di sistem pola kerja setelah hadirnya digitalisasi, serta perubahan perekrutan karyawan. Dugaan yang mendasari penelitian ini adalah tidak sehatnya kondisi perekrutan di pers. Sehingga perusahaan-perusahaan media cetak memanfaatkan surplus yang ada, dengan banyak merekrut mahasiswa magang yang kesejahteraannya jarang diperhatikan. Jenis dari penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dan menggunakan metode studi kasus. Adapun paradigma yang digunakan adalah paradigma kritis karena paradigma ini berusaha mengangkat adanya eksploitasi yang terjadi di lapangan. Untuk pengumpulan data, peneliti menggunakan wawancara mendalam, observasi, dan studi dokumen. Peneliti menggunakan tiga konsep untuk mendalami dan menganalisa topik yang telah dipilih. Adapun tiga konsep tersebut adalah Jurnalisme Digital, Disrupsi Digital, dan Lingkungan Ekonomi Media yang di dalamnya terdapat konsep Outsourcing. Hasil penelitian menunjukan bahwa Gadis sendiri sudah tidak memfokuskan operasionalnya kepada produksi cetaknya. Memang, Gadis masih menerbitkan majalah fisiknya namun Gadis sudah lebih mengoptimalkan platform digital yang dipunya seperti situs gadis.co.id dan media sosial yang marak digunakan remaja perempuan yakni Line, Instagram, dan Twitter. Di Nova sendiri, mereka tidak lagi mempromosikan tabloidnya. Mereka menganggap tabloid hanya sebagai sebuah aset yang mereka punya dan ingin agar masyarakat lebih mengenal Nova sebagai sebuah brand, sehingga apapun platform yang dipilih oleh audiens nantinya, cetak ataupun digital, bukanlah sebuah masalah. Gadis dan Nova memang mempekerjakan mahasiswa magang. Mereka hanya memberikan honor kepada tenaga magangnya, namun dalam nominal kecil dan dihitung per hari. Mereka tidak memberikan kompensasi dalam bentuk asuransi perlindungan diri ataupun pelatihan bagi para tenaga magang yang direkrut.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: digitalisasi, disrupsi, strategi, platform, dan magang
Subjects: 700 Arts and Recreation > 770 Photography, Computer Art, Film, Video > 776 Computer Art (Digital art)
Divisions: Faculty of Communication > Digital Journalism
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 04 Dec 2019 10:07
Last Modified: 12 May 2023 01:37
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/10065

Actions (login required)

View Item View Item