Analisa Pengaruh Internal Marketing terhadap Job Satisfaction dan Normative Organizational Commitment serta Implikasinya terhadap Employee-Organizational Identification ; Telaah pada Karyawan Bisnis Unit PSS di PT XYZ

Sucitra Dewi, Mesi (2019) Analisa Pengaruh Internal Marketing terhadap Job Satisfaction dan Normative Organizational Commitment serta Implikasinya terhadap Employee-Organizational Identification ; Telaah pada Karyawan Bisnis Unit PSS di PT XYZ. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (994kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Di perkembangan zaman yang semakin modern, pasar global mengalami perubahan yang cepat. Perusahaan harus bisa beradapatasi dengan perubahan lingkungan yang dinamis dan kompleks. Penting untuk perusahaan mencari cara membedakan karyawan mereka dengan karyawan perusahaan lain, karena karyawan adalah salah satu aset terbaik perusahaan dan berfungsi sebagai penguhubung efektif dengan pelanggan. Sehingga perusahaan perlu memperhatikan employee-organizational identification untuk membuat perbedaan identitas karyawan perusahaan dengan karyawan lain. Penelitian ini bertujuan untuk menguji adanya pengaruh internal marketing terhadap job satisfaction dan normative organizational commitment implikasinya pada employee-organizational identification. Perusahaan sekarang ini menghadapi banyak tantangan dipasar global dan perubahan yang cepat, karenanya perusahaan harus mampu beradaptasi dengan perubahan konstan di sekitar mereka. Untuk bertahan, perusahaan bisa menciptakan identitas yang unik untuk membedakan karyawan mereka dengan yang lain. Dalam menciptakan menciptakan identitas pada diri karyawan dapat dilakukan dengan meningkatkan job satisfaction dan normative organizational commitment karyawan. Dan dalam meningkatkan kepuasan kerja karyawan dan komitmen karyawan sendiri bisa dilakukan dengan memperhatikan internal marketing yang baik kepada karyawan. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode deskriptif dengan metode non- probability. Melalui teknik judgemental sampling dan snowball sampling, pengumpulan data primer diperoleh dari penyebaran kuesioner kepada 113 responden bisnis unit PSS di PT XYZ. Kemudian, data yang sudah terkumpul diolah dengan menggunakan Structural Equation Modeling (SEM). Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif dari internal marketing terhadap job satisfaction, terdapat pengaruh positif dari internal marketing terhadap normative organizational commitment, terdapat pengaruh positif dari job satisfaction terhadap employee-organizational identification dan terdapat pengaruh positif dari normative organizational commitment terhadap employee-organizational identification.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Internal Marketing, Job Satisfaction, Normative Organizational Commitment, Employee-Organizational Identification, Industri properti
Subjects: 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) > 658.3 Personnel, Staff, Employee, Human Resource Management, Training > 658.306 Job Analysis
600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 659 Advertising, Marketing and Public Relations
Divisions: Faculty of Business > Management
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 04 Dec 2019 10:01
Last Modified: 01 Jul 2023 05:01
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/10078

Actions (login required)

View Item View Item