Peran Mode Semiotik Multimodal dalam Menciptakan Pengalaman Immersive (Studi Kasus terhadap Pengalaman Informan Usia 18-24 Tahun, Saat Mengakses Artikel Longform The Last Generation)

Dau, Brigita Olga Febiola (2019) Peran Mode Semiotik Multimodal dalam Menciptakan Pengalaman Immersive (Studi Kasus terhadap Pengalaman Informan Usia 18-24 Tahun, Saat Mengakses Artikel Longform The Last Generation). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (985kB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (926kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Tujuan utama berita atau news stories adalah menciptakan pengalaman membaca yang mendalam (immersive) dengan menggabungkan teks, foto, looping video, peta dinamis, dan visualisasi data menjadi satu kesatuan. Tujuan penelitian ini adalah mengaitkan bagaimana penempatan serta penyusunan mode semiotik multimodal dalam sebuah berita longform. Mode semiotik multimodal yang ada di dalam artikel ini nantinya akan diidentifikasi dan diklasifikasikan berdasarkan teori multimodality. Lewat metode penelitian studi kasus dan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan studi dokumen, penelitian ini secara kualitatif mengkaji peran elemen-elemen multimodal (text-flow, image-flow dan page-flow) dalam sebuah artikel longform, dalam menimbulkan pengalaman immersive bagi pembaca. Level pengalaman immersive yang dialami pembaca, diukur berdasarkan klasifikasi teori narrative transportation. Berdasarkan hasil penelitian, mode semiotik text-flow, image-flow dan audio dalam artikel berhasil membuat partisipan untuk memperoleh pengalaman immersive dalam berbagai level, memancing rasa ingin tahu partisipan. Sementara elemen page-flow membuat partisipan merasakan pengalaman membaca artikel yang bisa dipersonalisasi. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi media-media yang menyajikan karya jurnalistik longform multimedia, agar dapat menyajikan konten yang sesuai dengan keinginan pembaca.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: longform, multimedia journalism, narrative transportation, immersive, multimodality
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Digital Journalism
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 04 Dec 2019 09:51
Last Modified: 17 Apr 2023 03:41
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/10098

Actions (login required)

View Item View Item