Banjuradja, Teresa Anindita (2019) Strategi Penggunaan Influencer Marketing dalam Menunjang Kegiatan Promosi Penjualan Beauty E-Commerce Sociolla.com. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Sociolla merupakan beauty e-commerce yang dalam kurun waktu 4 tahun ini berkembang pesat dan dapat bersaing dengan beauty e-commerce lainnya di Indonesia. Dalam kurun waktu empat tahun, Sociolla sudah mampu membuat tiga platform khusus kecantikan, dan menjadi distributor resmi dari beberapa merek luar, Sociolla juga sudah membuat dua offline store di dua mall yang berbeda. Perkembangan Sociolla yang pesat ini, didukung oleh kegiatan pemasaran Sociolla yang beragam, salah satunya adalah aktivitas influencer marketing. Dalam penelitian ini peneliti mau menganalisa strategi pemilihan Bellinda Putri sebagai salah satu influencer yang digunakan oleh Sociolla dalam mendukung kegiatan promosi penjualan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dengan metode studi kasus. Peneliti memperoleh data melalui wawancara dan observasi dibantu dengan studi literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Sociolla telah melakukan pemilihan Bellinda Putri sebagai influencer berdasarkan 4 aspek kriteria pemilihan influencer menurut Konsep Influencer's ABCC oleh Backaler (2018). Akan tetapi, ada satu faktor penting lain bagi Sociolla dalam memilih influencer yaitu mengenai attitude dan profesionalitas dalam bekerja. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi dalam strategi penggunaan influencer kedepannya.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Influencer Marketing, Promosi Penjualan, Influencer's ABCC |
Subjects: | 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 04 Dec 2019 09:45 |
Last Modified: | 15 Apr 2023 06:47 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/10111 |
Actions (login required)
View Item |