Implementasi Chatbot Kata.ai untuk Online Shop Plum pada Platform LINE

Pratama, Willy (2019) Implementasi Chatbot Kata.ai untuk Online Shop Plum pada Platform LINE. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (931kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (841kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (738kB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (719kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Perkembangan teknologi sangat cepat dari tahun ke tahun, sehingga muncul beberapa terobosan baru yang dapat mempermudah kerja manusia dalam melakukan kegiatan sehari-hari ataupun kegiatan bisnis. Salah satu teknologi yang sedang berkembang sekarang adalah sistem chatbot. Chatbot sudah banyak membantu orang-orang di bidang bisnis, salah satunya yaitu online shop. Ketika Online shop sudah berjalan cukup lama, muncul suatu permasalahan dalam menjawab seluruh pertanyaan dari pelanggan. Pemilik online shop mulai kesulitan dalam mengetik jawaban yang berulang-ulang untuk menjawab pertanyaan pelanggan. Jadi, adanya sistem chatbot akan sangat membantu pemilik online shop dalam menjawab pertanyaan yang di tanyakan oleh calon pelanggan yang berulang- ulang. Berdasarkan hal tersebut, dibuatlah skripsi dengan judul "Implementasi Chatbot Kata.ai untuk Online Shop Plum pada Platform LINE". Sistem ini dikembangkan dengan metode RAD (Rapid Application Development). Tahap yang dilakukan adalah mengambil beberapa percakapan random dari pelanggan online shop, menganalisis kebutuhan dari online shop, merancang beberapa proses bisnis sistem, mengimplementasi sistem chatbot Kata.ai pada Platform LINE, dan melakukan testing kepada pelanggan online shop. Hasil yang didapatkan dari pengujian sistem chatbot dengan memberikan UAT kepada pelanggan adalah sistem chatbot ini dapat bekerja dengan baik salah satunya dalam membaca input maupun memberi respons kepada pengguna. Kesimpulannya adalah nantinya pemilik online shop plum tidak akan kesulitan lagi dalam mengetik jawaban berulang-ulang untuk menjawab pertanyaan calon pelanggan, karena semua chat akan otomatis dibalas oleh bot.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: chatbot, metode RAD, online shop, platform
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 006 Special Computer Methods > 006.3 Artificial Intelligence, Machine Learning, Pattern Recognition, Data Mining
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Information System
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 04 Dec 2019 09:35
Last Modified: 03 Aug 2023 01:49
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/10131

Actions (login required)

View Item View Item