Analisis Pengaruh Technology Readiness, Service Quality, Perceived Risk terhadap Relationship Quality serta Implikasinya pada Continuance Intention (Telaah pada Pengguna Aplikasi Mobile Banking BCA)

Caesaria Pratiwi, Sherly (2019) Analisis Pengaruh Technology Readiness, Service Quality, Perceived Risk terhadap Relationship Quality serta Implikasinya pada Continuance Intention (Telaah pada Pengguna Aplikasi Mobile Banking BCA). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (974kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (753kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (953kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (753kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Perkembangan Internet di Indonesia telah memberikan kemudahan di dalam berbagai aspek, salah satunya adalah aspek perbankan. Banyak perbankan di Indonesia bersaing untuk memberikan digital platform yang berguna untuk melakukan transaksi perbankan dengan menghadirkan mobile banking. Untuk dapat mampu bersaing, kehadiran mobile banking harus dapat membangun kualitas hubungan yang baik dengan nasabah. Faktor-faktor yang menentukan kualitas hubungan mobile banking dengan para nasabah adalah technology readiness, service quality,dan perceived risk. Mobile banking BCA (m-BCA) merupakan salah satu mobile banking yang sudah ada sejak lama dan berasal dari salah satu Bank terbesar di Indonesia. Oleh karena itu, peneliti ingin meneliti apakah Technology Readiness, Service Quality, Perceived Risk dapat mempengaruhi Relationship Quality serta memberikan suatu implikasi pada Continuance Intention di mobile banking BCA (m-BCA). Metode kuantitatif adalah metode yang digunakan dalam melakukan analisis penelitian ini, serta melakukan pengumpulan data dengan menyebarkan kuesioner kepada 105 responden yang terdiri atas pria / wanita yang memiliki rentang usia dari 17-36 tahun, telah terdaftar pada aplikasi m-BCA, menggunakan m-BCA lebih dari 3 kali dalam seminggu, memahami cara bertransaksi dengan memiliki kendala selama menggunakan m-BCA. Peneliti menggunakan metode structural equation model (SEM) dengan bantuan LISREL versi 8.8. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa 6 hipotesis yang diajukan telah terbukti bahwa terdapat pengaruh positif technology readiness terhadap service quality dan relationship quality, terdapat pengaruh positif service quality terhadap relationship quality, terdapat pengaruh negatif perceived risk terhadap relationship quality, serta terdapat pengaruh positif relationship quality terhadap continuance intention, namun technology readiness tidak terbukti memiliki pengaruh yang signifikan terhadap perceived risk. Karena variabel technology readiness berperan penting di dalam membangun kuliatas layanan dan kualitas hubungan, kemudian akan memberikan dampak pada niat untuk menggunakan m- BCA secara berulang, maka m-BCA dapat menambahkan tutorial video pada youtube dan instagram ads sebagai sarana edukasi untuk meningkatkan kesiapan di dalam menggunakan teknologi. Maka dari itu, diharapkan penelitian ini dapat meningkatkan kesiapan di dalam menggunakan teknologi dan hubungannya dengan dependent variable (service quality, relationship quality, perceived risk, dan continuance intention) hingga pada akhirnya dapat memberikan pemahaman lebih lanjut mengenai mobile banking BCA (m-BCA).

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: technology readiness, service quality, perceived risk, relationship quality, continuance intention, mobile banking BCA (m-BCA)
Subjects: 300 Social Sciences > 330 Economics > 332 Financial Economics (Shares, Investment) > 332.1 Banks, Banking Services, Central Banks, World Bank
Divisions: Faculty of Business > Management
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 04 Dec 2019 09:35
Last Modified: 09 Jun 2023 08:03
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/10132

Actions (login required)

View Item View Item