Rancang Bangun Sistem Context-Aware Classroom Learning dengan Bluetooth Low Energy Beacon pada Universitas Multimedia Nusantara

Galih Prakosa, Abraham (2019) Rancang Bangun Sistem Context-Aware Classroom Learning dengan Bluetooth Low Energy Beacon pada Universitas Multimedia Nusantara. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (925kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (912kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (971kB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (895kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Masa perkuliahan menitikberatkan proses belajar mengajar sebagai fondasi utama dalam memperkaya ilmu dan pengalaman mahasiswa. Tendensi konsep perkuliahan saat ini dan ke depannya adalah kelas yang dimediasi oleh teknologi. Teori konstruktifisme menekankan bahwa pembelajaran dimulai oleh pelajar. Universitas Multimedia Nusantara merupakan sebuah institut pendidikan tingkat tinggi di Tangerang. Metode akses materi di institut tersebut biasanya menggunakan portal e-learning maupun dibagi oleh dosen. Dibutuhkan tahapan yang tidak sedikit dan cenderung menjadi obstruksi, dimana teknologi bluetooth low energy beacon dapat menjadi solusi untuk mengurangi sifat tersebut. Penelitian Smart Campus membuktikan bahwa teknologi serupa dapat diimplementasi kegiatan universitas untuk memberikan informasi kontekstual. Digunakan siklus pengembangan aplikasi metode agile unified process dalam merancang keseluruhan sistem. Berdasarkan analisis requirement metode pembelajaran konvensional dan rancangan baru, dirancang aplikasi mobile berbasis Android dan web back-end pendukung berbasis CodeIgniter untuk memenuhi kebutuhan dalam mempermudah akses materi. Pengujian dilakukan dengan kuis kelas pemakai aplikasi dan tidak, dimana hasil akan diuji menggunakan two sample t-test. Hasil perancangan adalah aplikasi mobile yang dapat digunakan di gawai Android dan back-end yang dapat diakses melalui internet. Mahasiswa dapat mengakses materi melalui aplikasi mobile hanya dengan masuk ke kelas yang terdapat beacon. Hasil uji statistik berdasar ujicoba aplikasi adalah tidak ada perbedaan nilai kuis yang signifikan antara kelas pengguna aplikasi dan yang tidak.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: android mobile application, bluetooth beacon, context-aware classroom learning, metode akses materi
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 005 Computer Programming > 005.4 System Programming, Operating System, Computer Interface
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Information System
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 04 Dec 2019 09:29
Last Modified: 07 Aug 2023 05:00
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/10144

Actions (login required)

View Item View Item