Ainun Alira, Gishka (2019) Analisis Pengaruh Perceived Quality, Destination Image dan Perceived Value terhadap Satisfaction Wisatawan yang Mempengaruhi Revisit Intention pada Objek Wisata Kalibiru. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Pertumbuhan dunia pariwisata berkembang begitu pesat dari tahun ke tahun belakangan ini. Data dari The World Travel dan Tourisim Council (WTTC) menyebutkan bahwa peran pariwisata semakin signifikan dalam perekonomian global (Juandi, 2015). Dapat dikatakan bahwa pariwisata mempunyai peran yang besar dalam sektor ekonomi di beberapa negara bahkan menjadi penyumbang devisa utama. Salah satunya adalah pesatnya pertumbuhan industri pariwisata di Indonesia yang terus meningkat dan di perkirakan akan terus naik sampai pada tahun 2019. menjelaskan industri pariwisata di Indonesia meningkat yang terlihat jelas dari jumlah kunjungan wisatawan mancanegara yang juga meningkat. Namun hal tersebut tidak sesuai dengan tingkat pertumbuhan pada salah satu sektor pariwisata yaitu Kalibiru, yang dimana terjadi penurunan wisatawan dari tahun 2015 - 2016. Oleh sebab itu peneliti ingin mengetahui tingkat revisit intention wisatawan ke Kalibiru berdasarkan faktor perceived quality, destination image, perceived value, dan satisfaction. Model teoritis dalam penelitian ini disampaikan dengan sepuluh hipotesis yang telah diuji menggunakan Structural Equation Model. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 157 responden, dengan screening berupa wisatawan yang pernah melakukan kunjungan ke tempat wisata dalam 2 tahun terakhir, wisatawan yang pernah setidaknya sekali mengunjungi tempat wisata Kalibiru, dan berkunjung ke tempat wisata Kalibiru dalam kurun waktu 2 tahun terakhir. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat hubungan positif antara Destination Image dengan perceived quality, perceived value, satisfaction dan revisit intention. Juga adanya hubungan positif antara perceived quality dengan perceived value, satisfaction dan revisit intention. Serta terdapat hubungan positif antara perceived value dengan satisfaction dan revisit intention. Lalu terakhir terdapat hubungan positif antara satisfaction dengan revisit intention.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Destination Image, Peceived Quality, Perceived Value, Satisfaction, Revisit Intention, Tourism |
Subjects: | 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) > 658.4 Executive Management > 658.4013 Control and Quality Management |
Divisions: | Faculty of Business > Management |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 04 Dec 2019 09:17 |
Last Modified: | 02 Jun 2023 02:25 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/10170 |
Actions (login required)
View Item |