Tamara Wijaya, Cindy (2019) Studi Fenomenologi terhadap Perilaku Kecanduan Internet di Smartphone pada Generasi Z. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Perkembangan teknologi yang tak terelakkan diiringi dengan kecanggihan alat komunikasi memunculkan sebuah fenomena di kalangan generasi Z, generasi yang lahir di era percepatan teknologi dan komunikasi. Pasalnya, setiap orang tidak dapat mengendalikan diri dan memegang smartphone nya dimana pun dan kapan pun. Hal ini menjadi penting, karena generasi generasi Z merupakan generasi penentu bangsa di tahun 2030 mendatang. Kecanduan terhadap internet yang berujung pada fokus yang berlebihan pada smartphone memiliki dampak negatif terhadap penggunanya. Penelitian ini bertujuan untuk memahami fenomena melalui pemaknaan dan pengalaman generasi Z yang terindikasi kecanduan internet di smartphonenya. Pada penelitian ini, dilakukan wawancara mendalam dan observasi yang menggunakan metode analisis fenomenologi transendental Husserl. Sehingga, esensi dari fenomena dapat diekstrak dengan murni, tanpa prasangka, maupun persepsi dan pengetahuan penulis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif , paradigma konstruktivis, serta bersifat deskriptif. Hasil temuan penelitian menunjukkan bahwa generasi Z memaknai internet dan smartphonenya sebagai objek dan sesosok subjek yang paling dibutuhkan dalam kehidupannya, seperti pakaian, makanan, fungsi rekreasi, teman dekat, dan pasasangan hidup. Selain itu, hasil temuan juga menunjukkan faktor pendorong dari penggunaan substansi seperti rasa kesepian, kebutuhan disenangi, gaya profesional, lingkungan pergaulan dan faktor percaya diri. Pemaknaan pengalaman pun ada yang mengartikannya sebagai hal positif atau negatif. Hal ini berkaitan erat dengan usaha pembatasan individu terhadap perilaku kecanduannya.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | fenomenologi, smartphone, generasi Z, kecanduan, internet |
Subjects: | 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 304 Factors affecting social behavior |
Divisions: | Faculty of Communication > Digital Journalism |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 04 Dec 2019 09:12 |
Last Modified: | 11 May 2023 05:25 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/10179 |
Actions (login required)
View Item |