Pengaruh Persepsi Kredibilitas Media terhadap Keputusan Generasi Milenial di DKI Jakarta dalam Memilih Kompas.com

Indah Pratiwi, Pricilia (2019) Pengaruh Persepsi Kredibilitas Media terhadap Keputusan Generasi Milenial di DKI Jakarta dalam Memilih Kompas.com. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (989kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Kemajuan teknologi membuat media online semakin banyak tersedia sehingga untuk mendapatkan informasi, masyarakat dihadapi begitu banyak pilihan sumber informasi. Dalam pencarian informasi, masyarakat menjadi selektif, di mana dari banyaknya sumber yang tersedia, kredibilitas menjadi salah satu faktor yang penting dalam pemilihan sumber informasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh persepsi kredibilitas media terhadap keputusan generasi milenial di DKI Jakarta dalam memilih Kompas.com dan untuk mengetahui dimensi kredibilitas media apa yang paling besar memengaruhi keputusan generasi milenial di DKI Jakarta dalam memilih Kompas.com. Kredibilitas media pada penelitian ini diukur menggunakan lima dimensi dari Flanagin dan Metzger, yaitu trustworthiness, accuracy, believability, bias, dan completenes. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif. Untuk memperoleh data, penelitian ini menggunakan data primer dengan menyebarkan kuesioner kepada 349 generasi milenial pembaca Kompas.com berusia 19-35 tahun di DKI Jakarta dengan teknik pengambilan sampel snowball sampling. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa persepsi kredibilitas media 30,8% memengaruhi keputusan generasi milenial memilih Kompas.com. Nilai koefisien regresi pada penelitian ini sebesar 0,290 yang artinya jika persepsi kredibilitas media mengalami kenaikan 1 satuan, maka keputusan generasi milenial memilih Kompas.com akan meningkat sebesar 0,290 satuan. Hasil penelitian ini juga menunjukan bahwa dimensi completeness merupakan dimensi yang paling besar memengaruhi keputusan generasi milenial memilih Kompas.com dengan koefisien regresi sebesar 1,459.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: teori uses and gratification, persepsi, kredibilitas media, keputusan memilih, generasi milenial
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Digital Journalism
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 04 Dec 2019 08:59
Last Modified: 27 Apr 2023 00:48
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/10208

Actions (login required)

View Item View Item