Indah Pratiwi, Pricilia (2019) Pengaruh Persepsi Kredibilitas Media terhadap Keputusan Generasi Milenial di DKI Jakarta dalam Memilih Kompas.com. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Kemajuan teknologi membuat media online semakin banyak tersedia sehingga untuk mendapatkan informasi, masyarakat dihadapi begitu banyak pilihan sumber informasi. Dalam pencarian informasi, masyarakat menjadi selektif, di mana dari banyaknya sumber yang tersedia, kredibilitas menjadi salah satu faktor yang penting dalam pemilihan sumber informasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh persepsi kredibilitas media terhadap keputusan generasi milenial di DKI Jakarta dalam memilih Kompas.com dan untuk mengetahui dimensi kredibilitas media apa yang paling besar memengaruhi keputusan generasi milenial di DKI Jakarta dalam memilih Kompas.com. Kredibilitas media pada penelitian ini diukur menggunakan lima dimensi dari Flanagin dan Metzger, yaitu trustworthiness, accuracy, believability, bias, dan completenes. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif. Untuk memperoleh data, penelitian ini menggunakan data primer dengan menyebarkan kuesioner kepada 349 generasi milenial pembaca Kompas.com berusia 19-35 tahun di DKI Jakarta dengan teknik pengambilan sampel snowball sampling. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa persepsi kredibilitas media 30,8% memengaruhi keputusan generasi milenial memilih Kompas.com. Nilai koefisien regresi pada penelitian ini sebesar 0,290 yang artinya jika persepsi kredibilitas media mengalami kenaikan 1 satuan, maka keputusan generasi milenial memilih Kompas.com akan meningkat sebesar 0,290 satuan. Hasil penelitian ini juga menunjukan bahwa dimensi completeness merupakan dimensi yang paling besar memengaruhi keputusan generasi milenial memilih Kompas.com dengan koefisien regresi sebesar 1,459.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | teori uses and gratification, persepsi, kredibilitas media, keputusan memilih, generasi milenial |
Subjects: | 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication |
Divisions: | Faculty of Communication > Digital Journalism |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 04 Dec 2019 08:59 |
Last Modified: | 27 Apr 2023 00:48 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/10208 |
Actions (login required)
View Item |