Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Purchase Intention pada JD.id: Telaah pada Iklan JD.id dengan Judul "Hantu Aja Pilih yang Ori"

Felicia, Gisela (2019) Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Purchase Intention pada JD.id: Telaah pada Iklan JD.id dengan Judul "Hantu Aja Pilih yang Ori". Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (799kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (821kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Perkembangan e-commerce di Indonesia saat ini sangat pesat berkembang didukung dengan kesadaran akan teknologi masyarakat Indonesia. Hal ini berdampak pada persaingan antar e-commerce yang semakin ketat serta kreatif, salah satunya dalam iklan video. Berangkat dari fenomena ini, konten di dalam iklan menjadi semakin kreatif sehingga menarik untuk dibahas, yang mendorong munculnya ethicality of the advertisement. JD.id, salah satu e-commerce di Indonesia, menayangkan iklan video dengan judul "Hantu Aja Pilih yang Ori" yang melanggar salah satu poin di Etika Pariwara Indonesia tahun 2014. Oleh sebab itu, peneliti ingin mengetahui apakah ethicality of the advertisement, likeability of the advertisement, attitude towards the advertiser dan attitude towards the brand memiliki pengaruh terhadap purchase intention pada JD.id melalui iklannya yang berjudul "Hantu Aja Pilih yang Ori". Penelitian ini dilakukan menggunakan metode kuantitatif dengan penyebaran kuesioner secara online pada responden. Kriteria responden penelitian ini adalah pria dan wanita yang berusia 15 sampai 34 tahun, belum pernah melakukan pembelanjaan di JD.id, pernah menonton iklan JD.id "Hantu Aja Pilih yang Ori", dan mengerti isi Etika Pariwara Indonesia 2014 poin 1.8. Penelitian menggunakan 7 hipotesis yang dianalisis menggunakan metode Structural Equation Model (SEM). Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh yang positif antara ethicality of the advertisement dan attitude towards the brand terhadap purchase intention. Namun, likeability of the advertisement serta attitude towards the advertiser tidak memiliki pengaruh terhadap purchase intention.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: ethicality of the advertisement, likeability of the advertisement, attitude towards the advertiser, attitude towards the brand, purchase intention
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 304 Factors affecting social behavior
600 Technology (Applied Sciences) > 640 Home and Family Management > 640 Home and Family Management > 640.7 Purchasing Guides
Divisions: Faculty of Business > Management
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 04 Dec 2019 08:17
Last Modified: 22 Jun 2023 01:34
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/10297

Actions (login required)

View Item View Item