Political Branding Jokowi-Ma?aruf pada Masa Kampanye Pilpres 2019 di Basis Pemilih Milenial: Studi Kasus Jokowi App

Limaura, Cynthia (2019) Political Branding Jokowi-Ma?aruf pada Masa Kampanye Pilpres 2019 di Basis Pemilih Milenial: Studi Kasus Jokowi App. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (965kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (839kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Political branding merupakan konsep yang relatif baru dalam ranah komunikasi politik di Indonesia (Salamah, 2015, h.35). Konsep branding di ranah politik merupakan adopsi dari konsep branding pada ilmu pemasaran sehingga kedua konsep ini memiliki garis besar yang sama. Salah satu prinsip pokok dari kampanye adalah branding. Branding pada masa kampanye diharapkan mampu menambah pengetahuan, mengubah sikap serta perilaku khalayak sesuai dengan tujuan diciptakannya branding politik. Di tengah banyaknya jumlah pemilih milenial, pasangan calon Joko Widodo - K.H Ma'aruf Amin tentunya juga melakukan branding politik, dan TKN (Tim Kampanye Nasional) menggunakan media mobile apps yang bernama Jokowi App pada branding politik yang dilakukannya. Dengan metode studi kasus, penelitian kualitatif deskriptif ini membahas mengenai taktik political branding yang dilakukan oleh TKN melalui Jokowi App di basis pemilih milenial. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara dan studi dokumentasi. Hasilnya menunjukan bahwa TKN hanya melakukan tujuh dari sebelas taktik yang ada yaitu mental map, competitive frame of reference, points of difference and parity, brand values and mantra, mixing and macthing brand elements, integrating brand marketing activities dan brand equity chain.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Political branding, Pemilih Milenial, Jokowi App
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 04 Dec 2019 08:15
Last Modified: 28 Apr 2023 00:10
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/10301

Actions (login required)

View Item View Item