Octavianti, Melissa (2019) Pemaknaan Audiens Terhadap Pemberitaan Komik Gay Muslim di Indonesia: Studi Resepsi Pemberitaan Akun @Alpantuni di Aljazeera.com dan Nytimes.com pada Generasi Milenial. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Di abad 21 ini, media dipermudah dengan adanya jurnalisme online yang memungkinkan masyarakat mengakses media internasional. Riset Pew Research Centre menunjukkan orang yang berusia 18 hingga 29 tahun atau yang dikategorikan sebagai generasi milenial paling banyak menggunakan media sosial (42%) dan internet (38%) untuk mendapatkan berita sehari-hari di Indonesia. Oleh karena itu, mereka dapat disebut audiens digital. Generasi milenial bersikap realistis dan sangat menghargai perbedaan. Oleh karena itu, hipotesis awal penelitian ini adalah generasi milenial setuju dengan pesan yang disampaikan oleh media internasional. Penelitian kualitatif deskriptif ini meneliti kasus akun @Alpantuni di Indonesia yang diberitakan oleh Aljazeera.com dan Nytimes.com menggunakan metode analisis resepsi. Data diperoleh melalui analisis framing dan wawancara mendalam dengan tujuh orang informan generasi milenial yang berasal dari berbagai latar belakang pendidikan, sosial dan agama. Kedua data tersebut dianalisis menurut model encoding/decoding Stuart Hall untuk mengetahui posisi informan dalam memaknai berita yang terbagi menjadi dominant reading, negotiated reading, dan oppositional reading. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam memaknai berita Aljazeera.com, tiga orang informan di posisi dominant reading, tiga orang informan di posisi negotiated reading dan satu orang informan di posisi oppositional reading. Sementara itu, dalam memaknai berita Nytimes.com, tiga orang informan di posisi dominant reading, tiga orang informan di posisi negotiated reading dan satu orang informan di posisi oppositional reading. Hasil ini tidak sesuai dengan hipotesis awal penelitian bahwa generasi milenial menerima pesan yang disampaikan media internasional.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | media internasional, jurnalisme online, audiens, generasi milenial, analisis resepsi |
Subjects: | 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication |
Divisions: | Faculty of Communication > Digital Journalism |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 04 Dec 2019 08:13 |
Last Modified: | 28 Apr 2023 07:21 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/10306 |
Actions (login required)
View Item |