Lunata, Jeffry (2019) Perancangan Buku Dongeng Fabel dengan Origami untuk Anak Umur 4 - 8 Tahun. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Dongeng fabel memiliki beragam manfaat untuk anak, seperti mengajarkan nilai moral kepada anak, sebagai lambang dan teladan manusia, hingga menjelaskan pengalaman manusia dalam karakter binatang. Meski bermanfaat, faktanya manfaat fabel tidak selalu diketahui atau dipahami anak - anak. Anak - anak lebih menyukai fabel karena kesukaan mereka terhadap rupa binatang, gambar, dan warna fabel tersebut. Melalui beragam manfaat origami, tujuan dari tugas akhir adalah merancang buku dongeng fabel dengan origami kepada anak usia 4 - 8 tahun beserta orang tuanya untuk menanamkan moral pada anak usia 4 - 8 tahun. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu kualitatif melalui wawancara dan menggunakan studi literatur, eksisting, dan referensi. Hasil dari perancangan ini berupa buku berisi dongeng fabel yang memiliki nilai moral di dalamnya dengan petunjuk origami di dalamnya agar anak - anak bisa bercerita menggunakan origami yang mereka buat. Buku ini diharapkan menjadi sarana anak untuk mengajarkan kognitif, afektif, dan psikomotorik melalui bercerita dengan origami sekaligus menanamkan nilai moral di dalamnya.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Anak, Buku, Moral, Origami, Fabel |
Subjects: | 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 002 The book (writing, libraries, and book-related topics) 700 Arts and Recreation > 740 Graphic Arts and Decorative Arts > 741 Drawing and drawings (Incl. cartoons, animations, comics, graphic novels and caricatures) > 741.6 Graphic Design, Illustration |
Divisions: | Faculty of Art & Design > Visual Communication Design |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 04 Dec 2019 08:12 |
Last Modified: | 03 Oct 2023 00:19 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/10307 |
Actions (login required)
View Item |