Suwardi, Claudia (2019) Analisis Pengaruh Kreativitas Iklan Online Ramayana Ramadan #KerenLahirBatin terhadap Minat Beli Audiens: Survei pada Milenial di DKI Jakarta. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Di era teknologi yang berkembang begitu pesat, sedang marak dilakukannya pemasaran secara digital, terlebih melalui media sosial. Perusahaan harus berlomba-lomba menciptakan iklan kreatif yang mampu menarik perhatian target audiensnya dibanding kompetitor. PT Ramayana Lestari Sentosa Tbk, market leader di bidang pakaian dan garmen untuk kalangan menengah ke bawah hingga rendah di Indonesia, mulai melakukan transformasi dan revitalisasi sejak tahun 2016 dengan kampanye komunikasi kreatif bertajuk #KerenHakSegalaBangsa. Salah satu bentuk kampanyenya yang berhasil viral ialah video iklan Ramayana Ramadan #KerenLahirBatin yang diunggah pada 16 Mei 2018 dan telah diakses lebih dari 16,8 juta penonton di YouTube. Konsistensi dalam kampanye komunikasi kreatif inilah yang mendorong dilakukannya penelitian berjudul "Analisis Pengaruh Kreativitas Iklan Online Ramayana Ramadan #KerenLahirBatin terhadap Minat Beli Audiens: Survei pada Milenial di DKI Jakarta". Penelitian ini ingin mengukur apakah tingkat kreativitas dalam sebuah iklan mampu mempengaruhi tercapainya salah satu objektif komunikasi yakni purchase intention atau minat beli. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data primer melalui survei. Populasi yang diambil ialah pria dan wanita berusia 20-34 tahun (milenial) di DKI Jakarta, mengingat berdasarkan data dari We Are Social (2019) usia paling banyak yang mengakses media sosial ialah kaum milenial, dan gerai Ramayana terbanyak berada di DKI Jakarta. Setelah survei dilakukan ke 400 sampel yang tersebar di DKI Jakarta, data kemudian diolah dengan bantuan perangkat lunak IBM SPSS Statistics 24. Dilakukan uji regresi linier sederhana untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh dan seberapa besar pengaruh Variabel X terhadap Variabel Y. Nilai perhitungan koefisien determinasi yang didapat ialah 0,203, berarti kreativitas iklan online Ramayana Ramadan #KerenLahirBatin memiliki pengaruh yang positif sebesar 20,3% terhadap minat beli audiens, sedangkan 79,7% lainnya ialah faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | iklan, kreativitas, online, Ramayana, minat beli |
Subjects: | 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 659 Advertising, Marketing and Public Relations |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 04 Dec 2019 08:12 |
Last Modified: | 11 May 2023 03:29 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/10308 |
Actions (login required)
View Item |