Proses Pembuatan Newsgames: Sea Helper

Pintaria, Vinsensia (2019) Proses Pembuatan Newsgames: Sea Helper. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (997kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Newsgames merupakan jenis berita yang dikemas ke dalam sebuah game. Sama seperti media lainnya newsgames mengandung berita, isu, atau permasalahan sosial yang sedang terjadi di masyarakat. Newsgames dirancang agar dapat mengubah pola pikir, sudut pandang, perspektif serta mengedukasi karena mengikutsertakan interaktivitas antara newsgames dengan pemainnya. Jika interaktivitas pemain berkembang saat berinteraksi dengan newsgames tersebut, maka empati juga ikut berperan di dalamnya dan informasi yang terserap juga semakin banyak. Hal ini dikarenakan pembuatan newsgames bertujuan sebagai sebuah pesan yang ditujukan kepada masyarakat dan lembaga-lembaga berwenang tertentu agar segera mengatasi permasalahan lingkungan tersebut. Tidak seperti game pada umumnya, topik newsgames memiliki jangka waktu yang panjang. Namun harus diperbaharui dalam periode tertentu - mengikuti perkembangan berita yang mengangkat topik tersebut. Di Indonesia, newsgame belum banyak dikembangkan seperti jenis game pada umumnya. Hal ini dikarenakan kurangnya tenaga developer yang tertarik di bidang newsgames dan kurangnya pengenalan newsgames di ranah publik. Salah satunya, tidak banyak newsgames yang dapat ditemukan atau diunduh di smartphone sehingga membuat masyarakat kurang mengenal newsgames. Padahal Indonesia menjadi salah satu negara dengan pengguna smartphone terbesar di dunia. Dan newsgames dapat menjadi sarana pengganti media yang hadir saat ini, tetapi dibuat lebih menyenangkan. Maka dari itu, penulis tertarik untuk membuat sebuah newsgames dengan topik pencemaran laut akibat sampah plastik di Indonesia. Topik tersebut diangkat karena pencemaran laut akibat plastik menjadi salah satu topik yang tengah diperbincangkan di masyarakat internasional, termasuk Indonesia.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Newsgames, Interactive Game, pencemaran laut, sampah dan limbah laut, ekosistem laut, Sea Helper Cluster: Innovation & Development-Based
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Digital Journalism
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 04 Dec 2019 08:03
Last Modified: 28 Apr 2023 08:52
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/10328

Actions (login required)

View Item View Item