Martanatasha, Michelia (2019) Pengaruh Tingkat Terpaan Media Sosial Instagram terhadap Tingkat Self-Esteem melalui Tingkat Persepsi Mengenai Body Image. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Oleh: Michelia Martanatasha Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena `detoks media sosial' yang sedang dilakukan oleh masyarakat untuk menghindari dampak negatif dari media sosial. Tingginya pengguna aktif media sosial Instagram di Indonesia, menyebabkan masyarakat rentan terkena gangguan kesehatan mental yang ditimbulkan dari penggunaan media sosial Instagram secara berlebih. Gangguan yang ditimbulkan adalah gangguan pada citra tubuh dan pada kepercayaan diri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara tingkat terpaan media sosial Instagram terhadap tingkat self-esteem melalui tingkat persepsi mengenai body image. Penelitian ini menggunakan teori perbandingan sosial dengan konsep terpaan media, body image, dan self-esteem. Metodologi penelitian ini adalah kuantitatif dengan sifat penelitian eksplanatif. Responden penelitian ini adalah 400 responden dengan menggunakan teknik non probability purposive sampling dengan penyebaran kuesioner secara online. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji analisis jalur untuk mengetahui pengaruh tidak langsung antara tiga variabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh tidak langsung antara ketiga variabel yang digunakan. Selain itu, terdapat pengaruh yang signifikan antara tingkat terpaan media sosial Instagram terhadap tingkat persepsi mengenai body image sebesar 7,6% dan tingkat persepsi mengenai body image terhadap tingkat self-esteem sebesar 68,3%. Akan tetapi, antara terpaan media sosial Instagram dengan tingkat self-esteem tidak memiliki pengaruh yang signifikan. Hasil ini membuktikan bahwa penggunaan media sosial Instagram dapat memengaruhi citra tubuh yang dimiliki oleh seseorang yang juga memengaruhi self-esteem.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Body Image, Instagram, Media Sosial, Self-Esteem, Teori Perbandingan Sosial |
Subjects: | 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 04 Dec 2019 07:58 |
Last Modified: | 28 Apr 2023 01:35 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/10342 |
Actions (login required)
View Item |