Christabel, Gisela (2019) Pengaruh Aktivitas Customer Relationship Management Grabrewards terhadap Loyalitas Pelanggan Grab Indonesia. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Dalam menghadapi persaingan bisnis yang semakin ketat, penting bagi perusahaan untuk menjalin hubungan dengan pelanggan guna mempertahankan dan membinanya menjadi pelanggan yang loyal. Salah satu cara yang dilakukan Grab Indonesia adalah dengan menerapkan aktivitas Customer Relationship Management yang disebut dengan GrabRewards untuk mempertahankan pelanggannya. Mempertahankan pelanggan menjadi hal yang penting karena pelangan merupakan aset perusahaan yang paling bernilai karena sebagian besar keuntungan diperoleh darinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah dan seberapa kuat pengaruh aktivitas Customer Relationship Management GrabRewards terhadap loyalitas pelanggan Grab Indonesia. Selain itu, penelitian ini akan menguji gagasan Social Exchange Theory yang menyatakan bahwa setiap individu melihat suatu hubungan dalam sudut pandang ekonomi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif yang bersifat eksplanatif dengan menggunakan metode survey dan membagikan kuesioner secara online. Populasi dari penelitian ini adalah pelanggan Grab Indonesia dengan jumlah sampel sebanyak 400 responden. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan non- probabilitas sampling dengan purposive sampling karena responden yang dipilih haruslah pelanggan Grab Indonesia. Lebih lanjut, hasil uji regresi linier sederhana membuktikan adanya pengaruh aktivitas Customer Relationship Management GrabRewards sebesar 33,9% terhadap loyalitas pelanggan Grab Indonesia. Sedangkan, 66,1% lainnya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Aktivitas Customer Relationship Management, loyalitas pelanggan, Grab Indonesia |
Subjects: | 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 04 Dec 2019 07:55 |
Last Modified: | 17 Apr 2023 00:59 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/10349 |
Actions (login required)
View Item |