Kumalasari, Dian (2019) Perancangan Buku Ilustrasi tentang Perbedaan Fisik Manusia untuk Anak Usia 4-6 Tahun. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Perbedaan fisik pada manusia merupakan hal yang wajar, namun ternyata menjadi salah satu alasan bullying verbal terjadi pada anak-anak. Agar bullying karena perbedaan fisik dapat berkurang, anak-anak perlu belajar tentang perbedaan fisik, dan sebaiknya pembelajaran tersebut dimulai sejak dini. Sayangnya, tidak semua orang dewasa mengerti cara memperkenalkan perbedaan fisik ke anak dengan pendekatan yang benar. Oleh karena itu, dibuatlah sebuah buku ilustrasi agar anak dapat mengenal perbedaan fisik dengan cara yang mereka mengerti. Buku ilustrasi dirancang dengan tipe buku cerita bergambar agar anak lebih paham terhadap pesan-pesan yang ingin disampaikan, serta agar anak dapat mengenali perbedaan fisik tanpa media yang terlalu berat untuk anak. Buku ilustrasi ini dibuat berdasarkan wawancara dengan ahli psikolog guna mengetahui pendekatan cerita yang baik digunakan dalam buku. Wawancara dan focus group discussion juga dilakukan dengan orang tua dan anak-anak guna mengetahui sejauh apa pada umumnya pengetahuan anak-anak usia 4-6 tahun tentang perbedaan fisik pada manusia.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | ilustrasi, anak-anak, perbedaan fisik |
Subjects: | 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 002 The book (writing, libraries, and book-related topics) 700 Arts and Recreation > 740 Graphic Arts and Decorative Arts > 741 Drawing and drawings (Incl. cartoons, animations, comics, graphic novels and caricatures) > 741.6 Graphic Design, Illustration |
Divisions: | Faculty of Art & Design > Visual Communication Design |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 04 Dec 2019 07:53 |
Last Modified: | 29 Sep 2023 00:04 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/10354 |
Actions (login required)
View Item |