Analisis Pengaruh Functionality, Design Solutions, Interaction, Information Quality terhadap Consumer Engagement serta Implikasinya pada Continued Intention to Use : Telaah pada Pengguna Aplikasi TikTok

Setyawan, Rezza (2019) Analisis Pengaruh Functionality, Design Solutions, Interaction, Information Quality terhadap Consumer Engagement serta Implikasinya pada Continued Intention to Use : Telaah pada Pengguna Aplikasi TikTok. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Teknologi terus mengalami perubahan dan pembaharuan dengan seiring berjalannya waktu, dimana setiap harinya masyarakat selalu menggunakan teknologi seperti internet dan smartphone, hal ini membuat penetrasi semakin tinggi atas jumlah user smartphone. Dengan adanya pertumbuhan pengguna smartphone yang semakin meningkat, hal ini membuka kesempatan baru secara luas dan besar bagi pasar aplikasi mobile. Kesempatan besar ini membuat banyak bermunculan aplikasi baru, salah satu aplikasi yang muncul ialah TikTok. Aplikasi TikTok merupakan aplikasi edit video dengan durasi berkisar 15 detik yang dilengkapi dengan musik. Namun TikTok memiliki masalah penurunan jumlah penggunanya akibat adanya pemblokiran aplikasi TikTok oleh Keminfo. Oleh karena itu, penulis ingin mengetahui pengaruh functionality, design solutions, interaction, information quality terhadap consumer engagement serta implikasinya terhadap continued intention to use: telaah pada pengguna aplikasi TikTok. Model penelitian dalam penelitian ini memiliki 5 hipotesis yang telah diuji menggunakan Structural Equation Modelling (SEM). Sample size dari penelitian ini berjumlah 147 responden dengan sampling unit dari penelitian ini adalah pria dan wanita, berusia diatas 16 tahun, mengetahui dan pernah menggunakan aplikasi TikTok dan masih menggunakannya hingga saat ini. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa functionality, design solutions, dan interaction memiliki hubungan yang signifikan terhadap consumer engagement. Selain itu, consumer engagement memiliki hubungan yang signifikan terhadap continued intention to use. Sedangkan, information quality tidak memiliki hubungan yang signifikan terhadap consumer engagement. Saran untuk penelitian selanjutnya, dapat ditambahkan variabel social influence sebagai salah satu faktor yang mempengaruhi continued intention to use dan peneliti juga menyarankan untuk meneliti tentang variabel satisfaction kepada pengguna aplikasi TikTok, dimana untuk mengetahui minat konsumen dan faktor apa saja yang membuat mereka ingin terus menggunakan aplikasi TikTok hingga saat ini.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: functionality, design solutions, interaction, information quality, consumer engagement , continued intention to use
Subjects: 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) > 658.8 Mall, Shopping Center, E-Commerce > 658.8342 Consumer Behavior
700 Arts and Recreation > 740 Graphic Arts and Decorative Arts > 745 Decorative arts > 745.2 Industrial Design
Divisions: Faculty of Business > Management
SWORD Depositor: mr admin umn
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 04 Dec 2019 07:50
Last Modified: 28 Jun 2023 08:03
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/10361

Actions (login required)

View Item View Item