Pengaruh Daya Tarik Emosional Iklan YouTube Tokopedia ?Cerita Cinta di dalam Kereta? terhadap Brand Attitude

Hartanto, Carina (2019) Pengaruh Daya Tarik Emosional Iklan YouTube Tokopedia ?Cerita Cinta di dalam Kereta? terhadap Brand Attitude. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (846kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Pesatnya pertumbuhan bisnis di Indonesia membuat industri periklanan berkembang dikarenakan tingkat persaingan yang tinggi. Penggunaan daya tarik emosional dalam iklan digital lewat media sosial seperti YouTube menjadi salah satu strategi iklan yang banyak diterapkan, salah satunya oleh Tokopedia lewat iklan YouTube yang berjudul "Cerita Cinta di Dalam Kereta". Tujuan penelitian ini adalah melihat pengaruh dari daya tarik emosional iklan YouTube Tokopedia terhadap brand attitude. Teori yang digunakan adalah Elaboration Likelihood Model, yang menjelaskan bagaimana individu memproses pesan iklan lewat rute sentral dan rute periferal. Teori juga didukung dengan konsep seperti advertising appeal, social media advertising, dan brand attitude. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksplanatif dengan teknik pengumpulan data berupa kuesioner online. Populasi dalam penelitian ini adalah subscribers channel YouTube Tokopedia dengan jumlah sampel sebesar 200 responden. Pengambilan sampel dilakukan lewat metode non-probability sampling dengan teknik purposive sampling karena responden harus memenuhi kriteria tertentu untuk dapat mengisi kuesioner. Analisis data dilakukan dengan uji regresi linier sederhana dan hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh sebesar 31% antara daya tarik emosional iklan YouTube Tokopedia "Cerita Cinta di dalam Kereta" terhadap brand attitude. Sisa 69% merupakan faktor yang tidak diteliti dalam penelitian ini sehingga diharapkan dapat diteliti dalam penelitian berikutnya, seperti daya tarik rasional.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Daya Tarik Emosional, Brand Attitude, Social Media Advertising, Tokopedia
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 659 Advertising, Marketing and Public Relations
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 04 Dec 2019 07:47
Last Modified: 26 Apr 2023 07:21
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/10367

Actions (login required)

View Item View Item