Studi Kasus Tradisi Interaktivitas pada Akun Instagram Harian Kompas, Kompas.com dan Kompas Tv

Carlin, Chintya (2019) Studi Kasus Tradisi Interaktivitas pada Akun Instagram Harian Kompas, Kompas.com dan Kompas Tv. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)
[img] Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (922kB)
[img] Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)
[img] Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (934kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Perkembangan media sosial Instagram yang mengarah pada media digital interaktif memiliki salah satu karakteristik penting yang membedakan media baru dengan media lama, yaitu Interaktivitas. Banyak media massa yang menggunakan Insatgram untuk menjangkau khalyak yang lebih luas dengan memanfaatkan segala fitur dan ruang yang disediakan, sehingga media lama dapat berinteraksi serta menerima umpan balik secara langsung dari audiesnsnya di media sosial yang salah satunya adalah Kompas media. Membahas mengenai interaktivitas, penelitian ini berfokus pada pemanfaatan media sosial dalam melakukan interaktivitas dengan audiens yang akan dianalisis dengan menggunakan konsep tradisi interaktivitas di media baru menurut Sally J. McMillan (2006). Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan bagaimana gambaran tradisi interaktivitas yang terjadi di media sosial Instagram Kompas media, yaitu Harian Kompas, Kompas.com dan Kompas Tv. Konsep yang digunakan adalah new media, tradisi interaktivitas media baru dan khalayak. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Dalam pengumpulan dan analisis kasus, penelitian ini menggunakan metode studi kasus. Hasil dari penelitian ini adalah Harian Kompas, Kompas.com dan Kompas Tv dalam penggunaan media sosial Instagram menerapkan empat model dari user - to -user interactivity (Monologue, Feedback, Responsive Dialogue, dan Mutual Discourse), kemudian user - to - document interactivity penerapannya tidak menggunakan salah satu model yaitu (Content exchange) dari tiga model lain (Packaged content, Content on demand, dan Co created content). Model terakhir adalah user - to - system interactivity dengan empat model penerapan(Computer Based Interaction, Human Based Interaction, Adaptive Communication dan Flow).

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Instagram, Interaktivitas, Kompas media, Media Baru
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 04 Dec 2019 07:43
Last Modified: 15 Apr 2023 08:32
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/10376

Actions (login required)

View Item View Item