Maysela, Nellie (2019) Klasifikasi Customer Churn pada Universitas Multimedia Nusantara Menggunakan Jaringan Saraf Tiruan. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Mahasiswa churn adalah salah satu masalah yang krusial dalam institusi tinggi. Tingkat churn yang tinggi dapat mempengaruhi pendapatan, reputasi, dan peringkat dari universitas. Fenomena ini terjadi pada Universitas Multimedia Nusantara dengan rata-rata hampir 20% per angkatan dan kurang lebih 18% dari total mahasiswa yang terdaftar pada tahun 2007 hingga tahun 2018. Data yang berjumlah 16.394 records ini telah mewakilkan geografi, demografi, dan nilai transkrip dari setiap mahasiswa. Banyak studi mengenai mahasiswa churn yang berfokus pada mahasiswa tahun pertama. Penelitian ini mencoba untuk tidak hanya fokus terhadap mahasiswa tahun pertama saja karena setiap mahasiswa dapat memutuskan untuk meninggalkan universitas kapan saja. Setelah model melalui proses training dan testing, model jaringan saraf tiruan ini menghasilkan nilai akurasi keseluruhan yang mencapai 82,20%.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | churn, jaringan saraf tiruan, universitas |
Subjects: | 000 Computer Science, Information and General Works > 020 Library and Information Sciences > 028 Reading and use of other information media |
Divisions: | Faculty of Engineering & Informatics > Information System |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 04 Dec 2019 07:33 |
Last Modified: | 03 Aug 2023 05:13 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/10399 |
Actions (login required)
View Item |