Octa Fiana, Yenny (2019) Pengaruh Product Placement Sari Roti pada Film Dilan 1991 terhadap Purchase Intention Penonton Film Dilan 1991. Bachelor Thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh saat ini pemasar memiliki banyak sekali cara kreatif dalam memasarkan brand mereka dan yang paling populer adalah memasarkan melalui televisi, namun iklan di televisi mulai tidak efektif sehingga kegiatan beriklan mencapai tahap product placement. Product placement merupakan kegiatan menempatkan atau menyisipkan brand melalui film atau suatu acara sehingga bisa mengena di masyarakat atau audiens. Kegiatan product placement kini menjadi salah satu metode promosi yang dinilai efektif untuk meningkatkan tujuan dari komunikasi pemasaran seperti purchase intention. Penelitian kuantitatif ini berfokus pada pengaruh product placement (variabel X) Sari Roti pada film Dilan 1991 terhadap purchase intention (variabel Y) penonton film Dilan 1991. Penelitian ini bersifat eksplanatif yang bertujuan untuk melihat adakah pengaruh dan seberapa besar pengaruh dari kegiatan product placement yang dilakukan Sari Roti pada film Dilan 1991 terhadap purchase intention penonton film Dilan 1991. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan menyebarkan kuesioner secara online. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat tingkat keeratan yang kuat dengan nilai hubungan sebesar 0,688. Dalam hasil uji regresi linear sederhana, product placement menyumbangkan pengaruh sebesar 47,3% terhadap purchase intention. Hasil tersebut membuktikan bahwa product placement dapat membantu para pemasar untuk meningkatkan tujuan dari komunikasi pemasarannya seperti purchase intention.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Creators: | Octa Fiana, Yenny (00000010856) |
Contributors: | Anugrah Bangun, Cendera Rizky |
Keywords: | Brand Awareness, Product Placement, Film, Dilan 1991, Sari Roti |
Subjects: | 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
Date Deposited: | 04 Dec 2019 07:26 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/10414 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |