Emersan, Niki (2019) Implementasi Metode Perhitungan Bayesian dalam Tes Adaptif Terkomputerisasi dengan Menggunakan Pemodelan Item Response Theory. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Pendidikan yang berkualitas adalah tujuan yang ingin dicapai dari setiap negara. Proses pendidikan yang berjalan tidak terlepas dari empat faktor utama, yaitu materi, tenaga pengajar, tes, dan laporan. Namun, ketidakmampuan peserta didik dalam menjawab soal tes akan mengakibatkan demotivasi bagi peserta didik yang menyebabkan sulitnya mencapai pendidikan yang berkualitas. Oleh karena itu, terdapat ide tes adaptif yang mampu menyesuaikan tingkat kesulitan soal yang akan diberikan kepada peserta berdasarkan tingkat kemampuan peserta. Tes adaptif dibangun dengan menggunakan butir soal yang telah dikalibrasi sebelumnya untuk menentukan tingkat kesukaran, daya beda, dan faktor pseudo-guessing untuk membentuk model Item Response Theory dengan tiga parameter logistik. Metode perhitungan Bayesian Estimation digunakan dalam sistem tes adaptif untuk menentukan estimasi tingkat kemampuan dari peserta. Sistem tes adaptif yang dibangun akan lebih memungkinkan peserta untuk menjawab soal dan meningkatkan engagement peserta. Setelah dibandingkan dengan tes klasik menggunakan metode Questionnaire of Current Motivation (QCM), penggunaan dari tes adaptif terkomputerisasi menghasilkan engagement level yang lebih tinggi dalam proses pembelajaran dibandingkan dengan penggunaan tes adaptif.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Bayesian Estimation, Item Response Theory, QCM, Tes Adaptif |
Subjects: | 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 006 Special Computer Methods |
Divisions: | Faculty of Engineering & Informatics > Informatics |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 04 Dec 2019 07:24 |
Last Modified: | 30 Jun 2023 02:59 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/10419 |
Actions (login required)
View Item |