Strategi Komunikasi Corporate Social Responsibility Citilink Indonesia dalam Meningkatkan Citra Perusahaan: Studi Kasus Program Beasiswa Pramugari Surabaya

Mutiara, Lintang (2019) Strategi Komunikasi Corporate Social Responsibility Citilink Indonesia dalam Meningkatkan Citra Perusahaan: Studi Kasus Program Beasiswa Pramugari Surabaya. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (6MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (896kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (970kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (913kB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (879kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (44MB)

Abstract

Corporate Social Responsibility (CSR) dilaksanakan untuk memenuhi tanggung jawab perusahaan terhadap dampak negatif yang dihasilkan terhadap lingkungan maupun masyarakat sekitar. Di sisi lain, CSR dilaksanakan sebagai salah satu cara untuk meningkatkan citra perusahaan. Sebagai salah satu perusahaan yang menjalankan CSR, Citilink Indonesia perlu mengkomunikasikan pesan CSR dengan baik, agar pesan yang sampai kepada target CSR juga memiliki pandangan yang baik atas perusahaan serta program yang dijalankan oleh perusahaan. Sebelum mengkomunikasikan pesan CSR, Citilink Indonesia tentunya perlu merancang strategi komunikasi CSR sebelum pesan dipublikasikan pada masyarakat luas. Dengan itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi komunikasi Corporate Social Responsibility Citilink Indonesia dalam meningkatkan citra perusahaan. Konsep yang digunakan peneliti dalam penelitian ini ialah Strategic CSR Communication oleh Mette Morsing (2006). Selain itu, peneliti juga menggunakan konsep Jefkins dan Yadin (2018) mengenai citra. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan metode studi kasus. Peneliti mengumpulkan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Dalam penelitian ini, peneliti melakukan wawancara dengan Senior Manager Corporate Communication (Eksternal) Citilink Indonesia dan beberapa penerima manfaat CSR. Hasil penelitian dari program ini adalah dalam Program Beasiswa Penerimaan Pramugari Surabaya, Citilink Indonesia telah melaksanakan semua tahapan dalam Strategi CSR Communication oleh Morsing (2006) dengan baik. Citilink Indonesia lebih fokus pada strategi informasi, di mana latar belakang dan manfaat dari program lebih dijelaskan dibandingkan strategi interaktif maupun proses strategi penyampaian informasi hingga strategi interaktif. Namun, strategi komunikasi telah berhasil dalam meningkatkan citra perusahaan.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Corporate Social Responsibility, Strategi Komunikasi CSR, Citra, Citilink Indonesia,
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) > 658.4 Executive Management > 654.408 Social Responsibility Management, CSR
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 04 Dec 2019 07:05
Last Modified: 28 Apr 2023 03:13
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/10460

Actions (login required)

View Item View Item