Suchandra, Thevin (2018) Perancangan User Experience dan User Interface pada Video Game "Chrysalis". Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Bullying merupakan fenomena yang terjadi di sekitar kita. Siapapun bisa menjadi korban bullying. Korban bullying dapat mengalami luka fisik maupun psikologis. Dampak bullying juga tidak mudah hilang, malah cenderung menghasilkan trauma. Oleh karena itu, bullying harus dicegah ataupun dihentikan apabila sudah terjadi. Salah satu cara mengatasi bullying adalah melaporkannya ke lembaga berwenang. Namun, keberanian untuk melapor tersebut masih sangat kurang. Pada kesempatan ini, penulis ingin memupuk keberanian tersebut dengan menggunakan medium video game. Video game dipilih karena kemampuannya untuk melibatkan pemainnya, terutama dalam hal pengambilan keputusan. Penulis menggunakan teori mengenai game design, UX/UI design, nudge & choice architecture, gameplay, dan sedikit story. Hasil akhir dari penelitian ini akan berupa video game yang membahas tentang bullying lewat sudut pandang korban bullying sendiri. Lewat game ini, penulis berharap dapat menumbuhkan keberanian maupun kepercayaan diri seorang korban bullying agar dapat menyelesaikan bullying yang terjadi.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | bullying, video game, game design, user experience, user interface, menumbuhkan keberanian |
Subjects: | 700 Arts and Recreation > 740 Graphic Arts and Decorative Arts > 741 Drawing and drawings (Incl. cartoons, animations, comics, graphic novels and caricatures) > 741.6 Graphic Design, Illustration |
Divisions: | Faculty of Art & Design > Visual Communication Design |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 04 Dec 2019 06:59 |
Last Modified: | 11 Oct 2023 00:44 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/10474 |
Actions (login required)
View Item |