Analisis Strategi Community Relations Bukalapak dalam Menjaga Loyalitas Klien B2B (Studi Kasus Program Komunitas Srikandi Bukalapak)

Setiady, Fransisca (2019) Analisis Strategi Community Relations Bukalapak dalam Menjaga Loyalitas Klien B2B (Studi Kasus Program Komunitas Srikandi Bukalapak). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (954kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (891kB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (878kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Transformasi yang dilakukan internet dalam dunia bisnis, nyatanya berdampak pada proses transaksi konvensional. Transformasi tersebut mengurangi usaha konsumen dalam membeli sebuah barang atau jasa yang mereka inginkan melalui sebuah platform berbelanja yang disebut marketplace. Di dunia marketplace, konsumen perusahaan bukan hanya para pembeli tetapi para penjualnya yang hubungan baiknya sama-sama harus dijaga. Berdasarkan pemikiran tersebut, maka perlu dilakukan aktivitas community relations untuk meningkatkan loyalitas para penjualnya. Bukalapak sebagai salah satu e- commerce unicorn Indonesia merealisasikan program community relations miliknya dalam "program Komunitas Bukalapak" yang memberikan edukasi seputar dunia bisnis online. Selama menjalani program komunitasnya, Bukalapak menyadari bahwa pelapak wanita perlu merasa percaya diri dan didukung oleh lingkungan yang tepat untuk bisa mengutarakan pendapatnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi community relations Bukalapak untuk menjaga loyalitas seller-nya melalui program Komunitas Srikandi Bukalapak. Konsep yang digunakan pada penelitian ini adalah Customer Relationship Management for B2B Clients milik Mari Smith, dengan pendekatan kualitatif dan metode studi kasus karena topik penelitian dinilai aktual. Setelah melakukan wawancara mendalam dengan beberapa narasumber, hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor penting dalam membuat strategi Komunitas Bukalapak adalah need assessment dan engage with the local wisdom. Dengan menghormati kearifan lokal Bukalapak memberikan kebebasan kepada para anggota komunitasnya untuk membuat dan mengkustomisasi peraturan komunitas daerahnya sendiri.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Community relations, loyalitas seller, Bukalapak
Subjects: 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations
600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) > 658.4 Executive Management > 658.401 Planning and Strategic Management
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 04 Dec 2019 06:47
Last Modified: 10 May 2023 05:11
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/10501

Actions (login required)

View Item View Item