Karakteristik Newsgames pada Media Online di Indonesia (Studi Kasus terhadap Tempo.co)

Valencia, Diana (2019) Karakteristik Newsgames pada Media Online di Indonesia (Studi Kasus terhadap Tempo.co). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (11MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (945kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (971kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (11MB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (847kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (20MB)

Abstract

Seiring dengan perkembangan teknologi dan informasi yang begitu cepat, media dihadapkan pada satu pilihan tunggal yakni beradaptasi dengan berinovasi. Kemunculan jurnalisme daring yang membawa karakteristik baru dalam dunia jurnalistik seperti unsur kecepatan, interaktivitas, dan partisipasi mampu memberikan para pekerja media keluwesan dalam eksplorasi cara penyampaian berita kepada masyarakat. Salah satu cara inovatif tersebut adalah newsgames. Dalam lingkup Indonesia, praktik newsgames masih belum banyak dilakukan para pekerja media. Dari 20 situs berita di Indonesia yang paling populer, hanya Tempo.co yang konsisten bereksperimen menggunakan newsgames sebagai salah satu bentuk penyampaian berita. Penelitian ini hendak mencaritahu karakteristik newsgames yang dibuat Tempo.co dengan menggunakan metode studi kasus disertai bantuan konsep empat karakteristik newsgames menurut Christoph Plewe dan Elfried Fursich. Keempat karakter tersebut adalah tanggapan atas sebuah peristiwa aktual, kemudahan akses, memiliki intensi persuasif, dan merupakan tambahan atas sebuah berita tradisional. Lewat penelisikan karakteristik, penelitian ini menemukan bahwa terdapat penekanan makna interaktivitas dalam aktualitas, hambatan sumber daya manusia dalam pengelolaan newsgames, perbedaan pemaknaan kata `persuasif', dan posisi Tempo Media Laboratory sebagai suplemen outlet media di Tempo.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: newsgames, Tempo.co, interaktivitas, jurnalisme daring
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 070 News Media, Journalism and Publishing
300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.23 Media of Communication, Mass Media
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 04 Dec 2019 06:25
Last Modified: 12 May 2023 01:35
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/10548

Actions (login required)

View Item View Item