Grace, Grace (2019) Strategi Marketing Communication dalam Meningkatkan Tingkat Okupansi Kamar di Tengah Maraknya Online Travel Agent (Studi Kasus pada Hotel Amaris Serpong 2019). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Industri pariwisata di Indonesia semakin meningkat dapat memberikan dampak yang positif terhadap pertumbuhan industri perhotelan di Indonesia. Salah satu kota yang sudah menjadi kota berkembang adalah Kota Tangerang Selatan yaitu Serpong. Dengan semakin banyaknya hotel-hotel yang dibangun di kawasan Serpong, maka semakin banyak kompetitor-kompetitor yang akan bersaing. Ditambah lagi dengan semakin berkembangnya teknologi akan memudahkan orang-orang untuk memesan hotel melalui Online Travel Agent. Oleh karena itu perlu adanya strategi marketing communications untuk membedakan Hotel Amaris Serpong dengan hotel lainnya dan dapat meningkatkan okupansi kamar hotel. Peneliti ini bertujuan untuk mengetahui strategi marketing communications yang digunakan oleh Hotel Amaris Serpong dalam meningkatkan okupansi kamar melalui OTA pada tahun 2019. Penelitian ini mengacu pada strategi marketing communications dan marketing communications tools dari Chris Fill. Jenis dan sifat penelitian ini adalah kualitatif-deskriptif dengan metode penelitian studi kasus. Data diperoleh melalui wawancara mendalam dengan subjek penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Hotel Amaris Serpong menggunakan strategi push, pull dan profile dengan mengkombinasikan marketing communications tools seperti advertising, sales promotion, personal selling, direct marketing dan public relation untuk meningkatkan okupansi kamarnya. Hotel Amaris Serpong mengalami peningkatan okupansi dari tahun 2017-2018 sebesar 8%, sedangkan pada tahun 2018-2019 (Januari - April) peneliti mengalami keterbatasan waktu penelitian, sehingga peneliti hanya mendapatkan data revenue sebesar Rp. 618.943.291 yang diprediksi akan mengalami peningkatan pada tahun 2019. Peningkatan okupansi ini tidak terlepas dari peran Marketing Supervisor, Marketing Executive dan Hotel Manager yang bekerja sama dalam memberikan ide-ide untuk Hotel Amaris Serpong dan memberikan informansi dengan mengkomunikasikan kepada calon konsumen terhadap produk dan jasa yang ingin ditawarkan melalui Strategi Marketing Communications.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Marketing Communications, Online Travel Agent, Tingkat Okupansi Kamar |
Subjects: | 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 04 Dec 2019 06:15 |
Last Modified: | 26 Apr 2023 05:06 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/10572 |
Actions (login required)
View Item |