Analisis Technology Acceptance Model (TAM) terhadap Penggunaan Bluepay pada Mahasiswa UMN

Wisnu, Nur (2019) Analisis Technology Acceptance Model (TAM) terhadap Penggunaan Bluepay pada Mahasiswa UMN. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (926kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (918kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Pada pertengah tahun 2017 Indonesia kedatangan perusahaan vending machine asal Tiongkok bernama Bluepay. Faktanya di Indonesia penggunaan vending machine masih belum populer dibandingkan negara maju lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar penerimaan Bluepay dan faktor yang memengaruhi penerimaan terhadap mahasiswa UMN dengan melakukan pendekatan menggunakan kerangka model TAM (technology acceptance model). Terdapat lima konstruk asli dari TAM yang digunakan dalam penelitian ini, antara lain persepsi kegunaan (PU), persepsi kemudahan penggunaan (PEOU), sikap terhadap penggunaan (ATU), minat perilaku (BI), dan penggunaan senyatanya (ASU) dan ditambah dengan konstruk eksternal yang direferensikan oleh beberapa jurnal terdahulu, variabel eksternal meliputi kepercayaan (T) dan kepercayaan diri pengguna (SE). Data diperoleh dari responden mahasiswa UMN melalui kuesioner online dan langsung dengan rincian 27 pertanyaan yang meliputi 7 konstruk TAM. Pilihan jawaban responden dikemas dalam skala Likert 1 hingga 5 dimana 1 adalah sangat tidak setuju hingga 5 adalah sangat setuju. Data responden yang terkumpul sebanyak 105 yang diantaranya 84 mengetahui Bluepay dan 21 lainnya menjawab tidak tahu. Data tersebut dioleh menggunakan Microsoft Excel 2016 dan SPSS versi 25 dengan teknik analis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan uji linearitas untuk mengetahui sebab akibat dari konstruk-konstruk TAM. Hasil analisis data menunjukkan tingkat penerimaan Bluepay terhadap mahasiswa UMN semua >50% dengan hasil tertinggi pada konstruk kepercayaan diri untuk menggunakan Bluepay dan kepercayaan terhadap Bluepay (trust) dengan persentase >70%. Pasangan konstruk paling berhubungan signifikan diraih oleh konstruk kepercayaan (trust) terhadap minat perilaku (behavioral intention) dengan hasil signifikan 0,608.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Technology Acceptance Model (TAM), Bluepay, Vending Machine, Tingkat Penerimaan, Signifikan, SPSS
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 004 Computer Science, Data Processing, Hardware > 004.2 Systems Analysis and Design, Information Architecture, Performance Evaluation
600 Technology (Applied Sciences) > 600 Technology
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Information System
SWORD Depositor: mr admin umn
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 04 Dec 2019 06:11
Last Modified: 02 Aug 2023 02:08
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/10580

Actions (login required)

View Item View Item