Newsgame: Menentukan Anjing yang Tepat untuk Gaya Hidup dan Kepribadian

Jovia, Jovia (2019) Newsgame: Menentukan Anjing yang Tepat untuk Gaya Hidup dan Kepribadian. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (986kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (953kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Newsgame merupakan salah satu bentuk perkembangan dari jurnalisme digital yang masih tergolong baru. Keunggulan dari newsgame adalah kehadiran elemen interaktivitas yang memungkinkan pemain memilih tindakan yang dikehendaki. Elemen immersive dari newsgame mampu membawa pemain merasakan kejadian sesungguhnya seperti berada di tempat peristiwa terjadi. Di Indonesia, newsgame sebagai karya jurnalistik masih belum banyak dipraktikkan. Penulis bermaksud untuk membuat newsgame yang mencocokkan ras anjing tertentu dengan gaya hidup dan kepribadian pemiliknya. Di Jakarta sendiri, ada sekitar 7 tempat penampungan anjing terlantar yang masing-masing berisi 200 hingga 300 anjing. Melihat banyaknya anjing yang ditelantarkan, penulis sadar akan pentingnya keselarasan antara kepribadian anjing dan manusia. Tugas akhir ini merupakan upaya penulis sebagai mahasiswi jurnalistik untuk memberikan informasi mengenai ras anjing yang sesuai dengan kepribadian pemiliknya melalui sebuah newsgame bernama "Dua Kaki Empat" dalam situs duakakiempat.com. Permainan tersebut penulis buat mengacu pada konsep seperti newsgame, jurnalisme imersif, interaktif, permainan edukasi, dan sebagainya. Harapan ke depannya newsgame ini dapat mengurangi angka anjing terlantar di Indonesia.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Ras Anjing, Kepribadian, Newsgame, Interaktif, dan "Dua Kaki Empat"
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Digital Journalism
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 04 Dec 2019 06:04
Last Modified: 27 Apr 2023 02:48
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/10596

Actions (login required)

View Item View Item