Keterampilan komunikasi interpersonal terapis dalam menumbuhkan kecerdasan interpersonal murid penyandang autism (studi pada dua pasang terapis dan murid di slb-c talitakum kebon jeruk)

Oktavianus, Jeffry (2014) Keterampilan komunikasi interpersonal terapis dalam menumbuhkan kecerdasan interpersonal murid penyandang autism (studi pada dua pasang terapis dan murid di slb-c talitakum kebon jeruk). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (889kB)
[img] Text
BAB I .pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (728kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (701kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (661kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (696kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Manusia sebagai makhluk sosial pasti akan melakukan komunikasi, namun komunikasi ini akan berbeda, apalagi bila dilakukan oleh kaum penyandang autisme yang memiliki masalah pada perilaku sosial dan komunikasinya. Meski begitu, manusia tidak bisa lepas dari konteks sosialnya sehingga dibutuhkan kemampuan untuk membangun hubungan atau berinteraksi dengan orang lain yang disebut kecerdasan interpersonal. Kecerdasan ini dapat diasah oleh sekolah atau terapi. Namun, agar komunikasi interpersonal yang dilakukan dalam mengajarkan kecerdasan interpersonal dapat lebih efektif, maka diperlukan keterampilan komunikasi interpersonal dari pengajar atau terapis. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana keterampilan komunikasi interpersonal terapis dalam rangka menumbuhkan kecerdasan interpersonal murid penyandang autisme. Tidak hanya itu, akan diteliti juga elemen komunikasi interpersonal yang ada, serta penerapan teori akomodasi komunikasi. Penelitian ini sendiri menggunakan metode studi kasus dengan pendekatan kualitatif bersifat deskriptif. Objek penelitian ini sendiri adalah dua pasang terapis dan murid yang berada di Sekolah Luar Biasa C Talitakum Kebon Jeruk. Dari penelitian ini ditemukan bahwa kedua terapis yang diteliti di Sekolah Talitakum sudah memiliki kedua belas dimensi keterampilan komunikasi interpersonal, yaitu adalah dialog, kesadaran, fleksibilitas, sensitivitas kultural, metakomunikasi, keterbukaan, empati, sikap positif, kedekatan, manajemen interaksi, ekspresivitas, baik pada Ibu Maria ataupun Ibu Putri, kecuali dimensi keterbukaan. Hal ini karena anak penyandang autisme masih mengalami kesulitan dalam menyerap cerita yang panjang sehingga akan membuang waktu terapi. Kedua terapis juga mengaplikasikan strategi konvergensi dari akomodasi komunikasi.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction
300 Social Sciences > 360 Social problems and social services > 361 Social Problems and Services (Inc. People with Mental Illness, Physical Disabilities)
Divisions: Faculty of Communication > Digital Journalism
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 18 Jul 2017 02:12
Last Modified: 27 Jan 2023 03:46
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/1060

Actions (login required)

View Item View Item