Implementasi Dynamic Scripting pada AI untuk Tiga Buah Karakter Dota 2

Wanaldi, Wanaldi (2019) Implementasi Dynamic Scripting pada AI untuk Tiga Buah Karakter Dota 2. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL(1).pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (875kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (881kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (954kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (918kB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (875kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mencari tahu apakah metode Dynamic Scripting yang sudah pernah digunakan sebelumnya dapat digeneralisasi untuk dapat digunakan pada karakter lain pada permaianan Dota 2. Dynamic scripting bekerja dengan menggunakan rulebase dimana rulebase berisi aksi-aksi yang mentukan aksi yang dilakukan oleh Artificial Intelligence (AI). Selain itu dengan melakukan beberapa penyesuaian terhadap model yang ada, telah diketahui bahwa model yang baru tidak dapat melakukan performa yang lebih baik daripada dari implementasi sebelumnya sebelumnya. Untuk mengetahui apakah performa model yang digeneralisasi dan disesuaikan lebih baik daripada model yang sebelumnya, telah dilakukan pengujian dimana AI yang dibuat dengan dynamic scripting melawan AI yang disediakan oleh valve pada game Dota 2. Selain itu, AI juga telah diuji untuk melawan manusia. Kemudian performa AI akan dianalisa dengan cara membandingkan rasio kemenangan dan beberapa variabel pendukung lainnya. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa AI mendapat rasio kemenangan yang rendah dalam melawan AI standar dan dalam melawan manusia AI tidak dapat menang sama sekali dan memberikan performa yang buruk. Dapat disimpulkan bahwa metode Dynamic Scripting tidak dapat digeneralisasi untuk karakter lain pada permainan Dota 2.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: AI, Dynamic Scripting, Video Game
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 006 Special Computer Methods > 006.3 Artificial Intelligence, Machine Learning, Pattern Recognition, Data Mining
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Information System
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 04 Dec 2019 06:00
Last Modified: 02 Aug 2023 03:18
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/10605

Actions (login required)

View Item View Item