Penggunaan Media Sosial oleh Media Radio untuk Mendukung Audience Engagement: Studi Kasus terhadap Interaktivitas di Instagram Radio Sonora FM Jakarta

Samsuddin, Samantha (2019) Penggunaan Media Sosial oleh Media Radio untuk Mendukung Audience Engagement: Studi Kasus terhadap Interaktivitas di Instagram Radio Sonora FM Jakarta. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (947kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (954kB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (866kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Di era digital ini, media radio harus mempertahankan interaksi dan engagement dengan pendengarnya agar tetap bisa eksis. Salah satu cara yang bisa dilakukan media radio untuk mendukung audience engagement ini adalah dengan memanfaatkan media sosial. Penelitian ini ingin mencari tahu bagaimana bentuk interaktivitas yang terjadi di Instagram radio Sonora FM Jakarta dengan menggunakan konsep tiga tipe interaktivitas dari Sally J. McMillan, yakni User to User Interactivity, User to Documents Interactivity, dan User to System Interactivity untuk mendukung audience engagement. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam User to User Interactivity, interaksi yang terjadi dibagi menjadi dua, yaitu interaksi antara sesama pengguna dan antara admin dengan pengguna. Sementara dalam User to Documents Interactivity, Instagram radio Sonora FM Jakarta menunjukkan adanya tiga model interaksi, yaitu interaksi cara lama, interaksi cara baru dengan Instagram, dan interaksi dari media baru ke media baru lainnya. Sayangnya, User to System Interactivity di Instagram radio Sonora FM Jakarta belum diaplikasikan secara maksimal. Kemudian interaktivitas User to User dan User to Documents bisa meningkatkan audience engagement, sementara interaktivitas User to System belum bisa memberikan audience engagement yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Radio Sonora FM Jakarta, Interaktivitas, Instagram, User to User Interactivity, User to Documents Interactivity, User to System Interactivity, Audience Engagement
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 006 Special Computer Methods > 006.5 Digital Audio
700 Arts and Recreation > 790 Outline of Sports, Games and Entertainment > 791 Movie industry, Circuses, TV, Radio, Puppetry, Pageantry, Animal Performances > 791.44 Radio Show
Divisions: Faculty of Communication > Digital Journalism
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 04 Dec 2019 05:57
Last Modified: 09 May 2023 06:34
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/10611

Actions (login required)

View Item View Item