Ningsih, Praslivita (2019) Analisis Pengaruh Familiarity, Functional Attributtes, dan Symbolic Attributes terhadap Job Seekers? Attraction pada Perusahaan Startup: Telaah pada Mahasiswa Semester Akhir dan Fresh Graduate di Tangerang. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Perkembangan teknologi membawa banyak perubahan, salah satunya di bidang bisnis yang membuat banyaknya perusahaan startup yang bermunculan. Perusahaan-perusahaan startup ini semakin berkembang sehingga kebutuhan akan tenaga kerja nya pun meningkat seiring dengan pekembangan bisnis nya. Namun, perusahaan-perusahaan ini masih mengalami kesulitan untuk mendapatkan tenaga kerja yang sesuai. Sehingga, berdasarkan in depth interview dan focus group discussion yang dilakukan penulis, penulis menemukan bahwa para job seekers tidak yakin untuk melamar di perusahaan startup dikarenakan oleh faktor job security, gaji, benefit, dan kurangnya pengetahuan tentang perusahaan sebagai employer. Tujuan penulisan karya ilmiah ini adalah untuk menguji Pengaruh Familiarity, Functional Attributes, dan Symbolic Attributes terhadap Job Seekers' Attraction pada perusahaan Startup : Telaah pada Mahasiswa Semester Akhir dan Fresh Graduate di Tangerang. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester akhir >7 dan fresh graduate dengan domisili di Tangerang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan metode descriptive reseacrh dengan metode non probability sampling dengan teknik judgement sampling dan snowball sampling. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode survey research dengan cara melakukan in depth interview, focus group discussion dan juga menyebarkan kuesioner kepada 121 responden yaitu mahasiswa semester akhir dan fresh graduate dengan domisili Tangerang. Dalam penelitian ini penulis mengolah data primer dengan menggunakan IBM SPSS versi 24. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Familiarity tidak memiliki pengaruh positif terhadap Job Seekers' Attraction. Functional Attributes terbukti memiliki pengaruh positif terhadap Job Seekers' Attraction dan Symbolic Attributes terbukti memiliki pengaruh positif terhadap Job Seekers' Attraction.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Job Seekers, Familiarity, Functional Attributes, Symbolic Attributes |
Subjects: | 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) > 658.3 Personnel, Staff, Employee, Human Resource Management, Training > 658.306 Job Analysis |
Divisions: | Faculty of Business > Management |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 04 Dec 2019 05:43 |
Last Modified: | 28 Jun 2023 01:38 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/10640 |
Actions (login required)
View Item |