Guskar, Mabella Alya (2019) Analisis Strategi Corporate Social Responsibility Sinar Mas Land (Gerakan Sekolah Menyenangkan). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Dalam menjalankan operasinya, perusahaan memiliki kewajiban untuk melaksanakan Corporate Social Responsibility yang merupakan etika bisnis dan bagian dari kegiatan public relations. Sinar Mas Land menyadari, perusahaan tidak bisa mencari profit semata, melainkan harus mengembangkan masyarakat yang ada di sekitarnya. Sinar Mas Land mewujudkannya dengan merangkul Gerakan Sekolah Menyenangkan untuk melakukan kemitraan dalam bidang pendidikan. Program ini diharapkan untuk bisa memberdayakan SDM yang ada dengan memberikan bantuan di bidang pendidikan di lingkungan BSD City, khususnya untuk mengembangkan softskills. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan menggunakan metode penelitian studi kasus. Konsep utama yang menjadi bahan dasar dalam pembuatan penelitian ini adalah Corporate Social Responsibility. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam dengan beberapa narasumber utama dan narasumber pendukung yang dapat memenuhi kebutuhan dari hasil penelitian ini. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa evaluasi program GSM yang dilaksanakan oleh Sinar Mas Land belum memenuhi prosedur standard CSR Process Model. Hal tersebut dikarenakan Sinar Mas Land tidak memiliki Rencana Strategis dalam menjalankan programnya. Namun, penerima manfaat mengakui, bahwa terdapat pengembangan softskills, banyaknya perubahan yang dialami setelah mengikuti program GSM, yang artinya sesuai dengan konsep Community Development.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Corporate Social Responsibility, Evaluation and Feedback, Pendidikan |
Subjects: | 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) > 658.4 Executive Management > 654.408 Social Responsibility Management, CSR |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 04 Dec 2019 05:30 |
Last Modified: | 26 Apr 2023 05:23 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/10670 |
Actions (login required)
View Item |