Hierarchy of Influence dalam Produksi Berita Bencana di Liputan6.com

Saraswati, Reza (2019) Hierarchy of Influence dalam Produksi Berita Bencana di Liputan6.com. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (907kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (996kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (899kB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (866kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Media online merupakan media yang sering digunakan masyarakat dalam pembaharuan berita. Kecepatan akses dan murahnya biaya memudahkan masyarakat dalam pembaharuan berita. Pemberitaan di media online dipengaruhi oleh cara pandang atau ideologi yang terlihat dari framing berita yang dilakukan oleh media tersebut.Semakin berkembangnya teknologi segala aspek kehidupan seperti saat ini, semakin beragam pula kebutuhan informasi yang diperlukan setiap orang. Hal inilah yang menjadi tantangan bagi setiap media untuk memenuhi kebutuhan informasi yang profesional. Media online dalam pemberitaanya selalu membuat susunan realitas yang ada. Berita yang dibaca khalayak bukan hanya menggambarkan realitas, bukan hanya menunjukan pendapat sumber, melainkan juga konstruksi dari media itu sendiri.Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode studi kasus dan paradigma konstruktivis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana produsen berita menerapkan framing ke dalam proses produksi berita. Konsep framing dan Teori hierarchy of influence, penelitian ini hanya menggunakan 3 level yang meliputi level Individu, level rutinitas media, dan organisasi media. Hasil penelitian yang didapatkan peneliti menujukan bahwa framing yang terjadi di balik proses peliputan di liputan6.com, terbentuk dalam perencanaan yang dilakukan sebelum peliputan. Namun munculnya framing karena adanya pengaruh individu, rutinitas media, dan organisasi media. Dimana ketiga hal tersebut merupakan fokus peneliti dalam melakukan penelitian ini.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Framing, hierarchy of influence, produksi berita. Media online
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 070 News Media, Journalism and Publishing
300 Social Sciences > 330 Economics > 338 Production (Agriculture, Business Enterprise, Extraction of Minerals, General Production) > 338.6 Organization of Production
Divisions: Faculty of Communication > Digital Journalism
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 04 Dec 2019 05:30
Last Modified: 10 May 2023 01:06
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/10672

Actions (login required)

View Item View Item