Implementasi Algoritma Smoothed Particle Hydrodynamics pada Simulasi Computational Fluid Dynamics Secara Real Time

Yuwono, Michael Oswin (2019) Implementasi Algoritma Smoothed Particle Hydrodynamics pada Simulasi Computational Fluid Dynamics Secara Real Time. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (786kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (791kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (883kB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (715kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Computational Fluid Dynamics (CFD) satu fenomena penting yang dapat digunakan dari media hiburan seperti visual effects, video game, dan perfilman hingga lembaga-lembaga astrofisika, balistik, vulkanologi, dan oseanografi. CFD memiliki beberapa jenis metode, metode yang digunakan adalah metode Lagrangian yaitu Smoothed Particle Hydrodynamics (SPH) yang melakukan simulasi berdasarkan partikel. Oleh karena itu, SPH merupakan algoritma CFD yang scalable dibandingkan dengan algoritma lainnya. SPH dapat digunakan untuk memodelkan simulasi dari atom, gas, air, hingga gugus galaksi. Pada penelitian ini, algoritma SPH diimplementasikan pada simulasi air dalam wadah balok tiga dimensi secara real time menggunakan Unity. Metode tersebut dioptimisasi menggunakan algoritma Nearest Neighbor Search, metode komputasi Entity Component System (ECS), dan GPU Instancing untuk mengukur jumlah partikel yang memiliki kecepatan rendering dalam Frames per Second (FPS) pada batas minimal 10-12 FPS pada setiap metode optimisasinya. Uji coba dilakukan secara bertahap dengan jumlah partikel pada deretan bilangan fibonacci yang dimulai dari 100, dan 200. Berdasarkan hasil analisis uji coba, metode yang memberikan jumlah partikel terbanyak yaitu 85.700 buah dalam kecepatan rendering minimal adalah metode komputasi ECS, menggunakan algoritma Spatial Hashing, dan menggunakan GPU Instancing.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Air, Computational Fluid Dynamics, Computer Graphics, Procedural Generation, Simulasi, Smoothed Particle Hydrodynamics, Unity
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 005 Computer Programming > 005.2 Programming for Specific Computers, Algorithm, HTML, PHP, java, C++
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Informatics
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 04 Dec 2019 05:26
Last Modified: 08 Aug 2023 03:16
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/10681

Actions (login required)

View Item View Item