Devia Aba, Ignasia (2019) Strategi Kampanye Politik Relawan Gojo (Golkar-Jokowi) dalam Mencegah Penyebaran Hoax Anti Jokowi: Studi Kasus pada Kelompok Relawan Gojo di Facebook. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Kampanye politik merupakan salah satu kegiatan komunikasi politik yang pada umumnya menjadi salah satu kegiatan yang paling semarak dan melibatkan banyak orang dalam periode waktu tertentu. Kampanye politik biasanya akan diadakan menjelang berlangsungnya sebuah ajang pemilihan baik itu calon legislatif maupun eksekutif. Di Indonesia, tahun 2019 ini disebut sebagai tahun politik. Pada tahun ini akan berlangsung pesta demokrasi terbesar yang diadakan dalam kurun waktu lima tahun sekali. Relawan Gojo (Golkar-Jokowi) merupakan salah satu tim relawan yang mengusung Jokowi untuk kembali maju sebagai calon presiden 2019. Relawan Gojo melakukan berbagai macam aktivitas kampanye politik mulai dari partisipasi secara langsung di lingkungan masyarakat hingga berkampanye melalui kelompok tertutup di grup media soSial Facebook. Skripsi yang berjudul "Strategi Kampanye Politik Relawan Gojo (Golkar- Jokowi) Dalam Mencegah Penyebaran Hoax Anti Jokowi: Studi Kasus pada Kelompok Relawan Gojo di Facebook" ini berusaha memaparkan bagaimana strategi kampanye politik diterapkan di dalam grup Facebook. Melalui penelitian kualitatif dengan metode studi kasus dalam grup Facebook Gojo, penelitian ini berupaya memaparkan hal tadi. Untuk mendukung penelitian ini digunakan konsep Public Relations Politik, Komunikasi Politik, Kampanye Politik, Strategi Kampanye Politik, dan Hoax atau Berita Palsu. Data diperoleh melalui wawancara, observasi partisipan, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kampanye ini menggunakan strategi yang dilakukan untuk mengedukasi para anggota grup dengan cara membagikan postingan secara rutin mengenai upaya pencegahan penyebaran informasi hoax anti Jokowi di dalam grup Facebook. Relawan Gojo berhasil menjawab tantangan yang ada dengan melakukan kegiatan kampanye melalui sarana media sosial.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Kampanye Politik, Strategi Kampanye Politik, Studi Kasus |
Subjects: | 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 04 Dec 2019 05:21 |
Last Modified: | 17 Apr 2023 05:16 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/10692 |
Actions (login required)
View Item |