Implementasi Komunikasi Corporate Social Responsibility PT Pertamina EP (Studi Kasus pada Program Bumi Kreatif Agar Makmur)

Septira Siahaan, Sarah (2019) Implementasi Komunikasi Corporate Social Responsibility PT Pertamina EP (Studi Kasus pada Program Bumi Kreatif Agar Makmur). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (992kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (957kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (952kB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (863kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Implementasi komunikasi CSR merupakan salah satu bentuk komunikasi perusahaan yang penting dan wajib untuk dilakukan. Selain sebagai bentuk kinerja perusahaan yang baik, upaya mengkomunikasikan program CSR juga merupakan salah satu bentuk dari prinsip Good Corporate Governance (GCG) yaitu transparansi dan akuntabilitas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi komunikasi CSR yang dilakukan PT Pertamina EP khususnya dalam program Bumi Kreatif Agar Makmur menggunakan framework komunikasi CSR menurut Du, Battacharya, dan Sen. Program Bumi Kreatif Agar Makmur merupakan salah satu program unggulan CSR PT Pertamina EP di bidang ekonomi yang bergerak pada ide mengelola dan memanfaatkan limbah produk rumput laut yang berada di pesisir utara Karawang. Penelitian ini bersifat kualitatif dan menggunakan metode studi kasus. Teknik pengumpulan datanya adalah wawancara, observasi, dokumentasi dan studi pustaka. Pengolahan data dilakukan melalui proses triangulasi yang selanjutnya dikaitkan dengan konsep terkait untuk ditarik simpulannya. Hasil dari penelitian ini adalah aktivitas komunikasi CSR pada program bumi kreatif agar makmur sudah sesuai dengan framework menurut Du, Battacharya, dan Sen. Akan tetapi, masih ada unsur yang belum sesuai yaitu CSR Fit.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Corporate Social Responsibility, Komunikasi CSR, Stakeholder, program Bumi Kreatif Agar Makmur
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) > 658.4 Executive Management > 654.408 Social Responsibility Management, CSR
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 04 Dec 2019 05:12
Last Modified: 10 May 2023 05:10
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/10712

Actions (login required)

View Item View Item