Ladistra, Melga (2019) Analisis Model Main terhadap Instagram TV BBC News. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Perkembangan di ruang lingkup media saat ini membuat terjadinya pergeseran audiens. Perpindahan yang signifikan akan bagaimana audiens menggunakan dan melihat sebuah media menjadi hal yang krusial dalam media tradisional. Hal tersebut memengaruhi bagaimana cara sebuah media mengemas berita. Muncul bentuk-bentuk media baru yang kemudian dimanfaatkan oleh media berita sebagai sarana penyebaran beritanya. Instagram TV (IGTV) merupakan salah satu bentuk media baru yang digunakan oleh media berita dalam mempublikasikan informasi. Melihat pergeseran audiens dan kebaruan IGTV membuat penulis tertarik untuk mengetahui penggunaan dan kepuasan yang didapat oleh khalayak. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui bagaimana khalayak menggunakan IGTV BBC News dan kepuasan yang didapatnya. Untuk mengukur hal tersebut, penulis akan menggunakan teori komunikasi uses and gratification. Namun, teori uses and gratification dianggap kurang relevan untuk digunakan karena teori tersebut dibuat untuk meneliti media tradisional seperti surat kabar, radio, dan televisi. Penulis memilih untuk menganalisis penggunaan dan kepuasan khalayak menggunakan konsep model MAIN yang merupakan konsep pengembangan dari teori uses and gratification yang sebelumnya. Model MAIN yang terdiri dari modality, agency, interactivity, dan navigability dibuat khusus untuk meneliti kepuasan khalayak pada media baru. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan metode studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik pengumpulan data wawancara dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian, IGTV memenuhi keempat model MAIN. Namun, IGTV tidak memenuhi beberapa poin pada aspek browsing/variety, scaffolding/navigation aids, dan play/fun yang masuk ke dalam model navigability. Penelitian diharapkan dapat memberikan kontribusi kepada ilmu pengetahuan terutama pada ilmu komunikasi, dan menjadi acuan berupa illustrasi tentang bagaimana menggunakan model MAIN untuk penelitian selanjutnya. Penelitian ini juga diharapkan untuk memberikan acuan untuk Instagram, atau media baru lainnya agar dapat memberikan fitur yang dinilai lengkap dan memenuhi empat aspek dalam model MAIN.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | MAIN model, Instagram TV, New Media, Audience |
Subjects: | 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication |
Divisions: | Faculty of Communication > Digital Journalism |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 04 Dec 2019 05:10 |
Last Modified: | 27 Apr 2023 06:32 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/10716 |
Actions (login required)
View Item |