PERANCANGAN SHOT UNTUK MEMVISUALKAN ADEGAN PENGEJARAN DALAM FILM ANIMASI LAGA ?RAMPAG!?

Daud Wahyudi, Dicky (2018) PERANCANGAN SHOT UNTUK MEMVISUALKAN ADEGAN PENGEJARAN DALAM FILM ANIMASI LAGA ?RAMPAG!? Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (720kB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (820kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (829kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Perancangan shot menjadi hal mendasar dalam pembuatan film karena fungsinya. Pertama-tama, perancangan shot berfungsi sebagai salah satu media untuk menyampaikan ekspresi dan pesan dari pembuat film kepada penonton. Dalam animasi, perancangan shot berperan penting dalam menghemat biaya produksi. Hal ini terjadi karena perancangan shot dalam animasi menjadi tolak ukur pertama dan utama pada tahap produksi. Secara lebih spesifik, salah satu fungsi perancangan shot adalah memvisualkan pengejaran dalam film animasi 3D laga. Perancangan shot dalam memvisualkan pengejaran menjadi penting karena dapat memberikan ketegangan lebih kepada penonton, mengimplikasikan arah tujuan karakter serta memberi implikasi khusus terhadap rintangan yang karakter temui dalam jalur pengejarannya. Ketiga hal tersebut dapat dicapai dengan merancang pengaturan, baik pada elemen sinematografis dalam pengambilan shot maupun komposisi di dalam shot itu sendiri. Pengaturan tersebut berdasarkan kepada teori dan referensi yang ada. Skripsi penciptaan, yang menggunakan metode penelitian kualitatif ini, diaplikasikan dalam bentuk storyboard. Tujuannya adalah untuk membantu pembuat film memahami perancangan shot yang tepat guna untuk memvisualkan pengejaran dalam film animasi 3D laga.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Shot, pengejaran, aksi, animasi
Subjects: 700 Arts and Recreation > 740 Graphic Arts and Decorative Arts > 741 Drawing and drawings (Incl. cartoons, animations, comics, graphic novels and caricatures) > 741.6 Graphic Design, Illustration
700 Arts and Recreation > 770 Photography, Computer Art, Film, Video > 770 Photography, Computer Art, Cinematography, Videography, Film, Movie
700 Arts and Recreation > 770 Photography, Computer Art, Film, Video > 771 Techniques and Procedures of Photography
700 Arts and Recreation > 770 Photography, Computer Art, Film, Video > 777 Cinematography (Incl. Animation Film / Movie; Animated cartoons)
Divisions: Faculty of Art & Design > Film & Animation
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 04 Dec 2019 04:54
Last Modified: 01 Sep 2023 00:44
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/10755

Actions (login required)

View Item View Item